TIPS TAKLUKKAN WAWANCARA LPDP
by: 
Omi Ongge, Bastian, Joko

TIPS PRA WAWANCARA

  1. Kuasai study plan dan essai. Persiapkan beberapa alternatif pertanyaan. Coba lakukan simulasi wawancara. Kamu bisa mencobanya dengan temanmu maupun mereka yang sudah terlebih dahulu mendapatkan beasiswa LPDP.

SAAT WAWANCARA

  1. Jam berapa pun jadwal kamu wawancara, usahakan datang paling pagi. Bisa jadi, ada perubahan jadwal. Jangan sampai rezekimu hilang, cuman karena masalah telat. Masa sih calon pemimpin terlambat. Gak banget loh.
  2. Gunakan pakaian cerah atau yang membuat kamu berasa PD.
  3. Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Peserta dengan nomor kelompok wawancara yang sama akan menghadapi interviewer yang sama. Beberapa orang ada yang bilang bahwa peserta dikelompokkan berdasarkan bidang keilmuan yang serumpun. Tapi nampaknya itu tidak selalu terjadi Jadi, kita tetap harus bersiap-siap dengan segala kemungkinan yang ada.
  4. ada 3 orang interviewer yaitu akademisi, Psikolog, serta perwakilan dari LPDP. mereka adalah orang-orang yang expert, dan benar-benar bisa mengorek kita adalah tipe orang yang seperti apa. Jadi, jangan coba-coba berbohong di depan mereka.
  5. Tunjukkan kesopananmu. Jabat tangan para interviewer satu per satu. Ayo, belajar cara berjabat tangan yang benar dan kuatkanlah mentalmu. “Permisi, boleh saya duduk?” Ini dapat menunjukkan kesopanan kita di depan interviewer.
  6. Tetaplah tenang tatkala wawancara. Minta ketenangan hati dari-Nya, niscaya jika hati tenang kau kan menang.
  7. To be honest. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan natural saja karena ada psikolog yang dapat mengidentifikasi kita sedang jujur atau mengada-ada. Mungkin kita bisa membuat prediksi pertanyaan, namun jangan sampai benar-benar terpaku pada apa yang kita buat, nanti akan glagepan kalau pertanyaannya lain. beberapa hal yang ditanyakan kepadanya waktu itu antara lain jabatan tertinggi apa yang pernah dipegang saat kuliah? ; Apa motivasi melanjutkan kuliah?; nanti kalau jurusannya tidak linier akan keteteran tidak?; dan Mengapa IPK kecil?
  8. Pertahankan Argumen. Terutama pada pertanyaan-pertanyaan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus. “Ketika diwawancara pewawancara bertanya apa cita-citamu setelah lulus? Lalu saya jawab, jadi guru. Beliau melemparkan pertanyaan lagi, untuk apa jadi guru harus S2? Kalau tidak diterima LPDP apa yang akan kamu lakukan? Pada intinya saya pertahankan jawaban saya untuk tetap menjadi guru
  9. Dalam wawancara, yang penting adalah apa yang kamu tulis di dokumen sesuai dengan apa yang kamu bicarakan nanti. Kalau apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan apa yang kita tulis, itu nanti LPDP bisa curiga, ini orisinal atau nggak dokumennya. Beri salam penutup di akhir wawancara.
  10. Ucapkan terimakasih. Intinya untuk bisa lolos beasiswa LPDP, kamu harus menonjolkan apa yang telah dan akan kamu lakukan untuk Indonesia. Kemudian, mempertanggungjawabkan apa yang telah kamu tulis. Jadilah pemuda yang berintegritas. YOU CAN DO IT!

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship