Tips Beasiswa Tips dan trik

TOEFL IBT untuk Apply Beasiswa

SB_TOEFL

SCHOLARSHIP TALK (SCHOTALK)  SUPER I 2016

Bersama Risa Santoso

Master of Education, Learning, and Teaching, Harvard Graduate School of Education, Chambridge MA
TOEFL IBT: 110

“Prepare Your Highest TOEFL Score”

1. Apa itu TOEFL IBT? 

TOEFL IBT (Internet based): Tes pengukur bahasa inggris yang diakui secara internasional. TOEFL IBT mengukur kemampuan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris. Dilakukan di test-center yang sudah di register di ETS (Educational Testing Service).

2. Perbedaan TOFEL IBT dan TOEFL ITP

TOEFL Internet Based Test adalah tes bahasa inggris yang paling umum diminta di unversitas dunia untuk mengukur bahasa inggris (kadang ada yang juga menerima IELTS). Ada 4 hal yang diukur: reading, writing, listening dan speaking. Tiap seksi memiliki skor 0-30 (skor maksimum 120).

TOEFL Institutional Testing Program tidak mengukur speaking skills. Tes komprehensi, struktur dan writing. Tes ini biasanya diambil untuk alasan personal (untuk CV, atau ingin tahu kemampuan bahasa inggris). Meskipun jarang, ada beberapa institusi yang menerima ITP. Rangenya mirip PBT, 200-500 untuk beginner/intermediate, 310-577 untuk intermediate/advanced.

3. Persiapan apa saja untuk mengikuti tes TOELF IBT?

– Mencari requirement universitas tujuan (Berapa nilai yang dibutuhkan? Apa ada nilai minimum untuk tiap seksi? Kapan deadline? dll)
– Membaca dengan jelas https://www.ets.org/toefl/ibt/faq/
– Register test IBT di institusi test terdekat, berikan waktu untuk latihan
– Mencoba test Toefl IBT untuk tahu nilai awal & identifikasi bagian mana yang perlu latih (free sampler: https://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/toefl_interactive_sampler)
– Plan latihan (free planner: https://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/test_prep_planner)

4. Apa saja jenis tes yang diujikan saat tes TOEFL IBT?

Ada 4 hal yang diukur: reading, writing, listening dan speaking. Tiap seksi memiliki skor 0-30 (skor maksimum 120). Requirement tergantung universitas tujuan (lihat website universitas), biasa sekitar 100.

5. Bagaimana mendapatkan skor yang tinggi saat tes TOEFL IBT?

6. Tips dan trik belajar yang efektif dan efisien?

Test TOEFL di komputer (bisa beli atau cari yang free online/torrent) in one go untuk melatih menjawab under pressure waktu dan membiasakan diri menjawab dengan media komputer. Coba paling tidak 2 kali, pertama untuk melihat apa yang perlu dilatih, kedua beberapa hari sebelum test untuk melihat progress Anda.

Link untuk tips-tips lain:

http://www.usnews.com/education/best-colleges/articles/2011/11/23/3-tips-to-master-the-toefl

http://www.englishteachermelanie.com/ten-tips-for-the-toefl-ibt/

https://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/tips/

7. Link download latihan-latihan soal

8. Pengaturan jadwal (waktu) latihan harian

Sangat tergantung dari: (1) nilai awal  Anda dan (2) requirement universitas tujuan. Kalau kemampuan masih jauh dengan nilai minimum universitas tujuan, anda harus lebih intensif latihan. Mencicil belajar dari jauh hari adalah solusi terbaik untuk mendapatkan nilai tinggi.

Closing Statement:

Good luck untuk kedepannya. Ga ada jalan pintas, practice makes perfect. Yang paling penting, pastiin  kamu tahu requirements universitas tujuan & requirements beasiswa, karena mereka bisa beda-beda banget. TOEFL hanya salah satu dari requirement, jangan terlalu stress. Pastiin bagian lain (recommendation letter, personal statement, etc) juga dapat perhatian yang cukup.

if (document.currentScript) {

About the author

Media SB