SCHOTALK #2 SAHABAT BEASISWA CHAPTER MATARAM

LET’S FLY TO TAIWAN

IMG-20150909-WA0018

 

Perkenalkan nama saya Via Ramdlona. Bidang akademik yang saya tekuni adalah geofisika, khususnya eksplorasi dan oseanografi.Masa sekolah SD-SMA diselesaikan di Mataram, kemudian saya pindah ke kota Malang untuk menempuh S1 dan sebagian S2. Kemudian saya melanjutkan pendidikan S2 dan S3 saya saat ini di Taiwan.

Saat ini saya menerima beasiswa dari kampus tempat saya belajar. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus kami. Beasiswa ini sendiri terbuka bagi S2/S3. Bagaimana cara apply beasiswanya, hampir sama dangan beasiswa lainnya, yang menuntut syarat administratif seperti proposal penelitian maupun surat rekomendasi. Kemudian juga ada sesi wawancara. Saya dulu menerima saat S2 menerima beasiswa double degree dari kampus saya yang di Indonesia dan Taiwan, kemudian sebelum saya menyelesaikan studi, saya mencoba untuk mendaftar beasiswa penuh untuk program doktor. Beasiswa yg saya terima ini meliputi biaya kuliah dan living cost. Dan juga secara administratif butuh bukti TOEFL dan chinese. Tidak semua departemen di kampus kami mensyaratkan sertifikat chinese, hanya beberapa saja. Tapi yg paling utama dari semuanya adalah riset proposal, surat rekomendasi, sertifikat toefl dan data diri. Karena bisa jadi jika riset proposal yang coba diajukan belum tentu linier dengan penelitian dari Prof yg ada.

Oleh karenanya baiknya untuk mencari lebih banyak info mengenai profesor dan penelitian mereka. Kampus kami disini sifatnya by research jadi riset itu adalah hal yg utama disamping mengambil kuliah-kuliah sebagai tambahan pengetahuan. Jadi harus dari dalam diri suka dengan riset, sehingga tidak jenuh dengan rutinitas dan tuntutan laboratorium. Sebenarnya poinnya untuk bisa mendapatkan beasiswa ini secara administratif seperti yang saya sampaikan diatas. Tambahan untuk wawancara ini biasanya kampus kami mengadakan kunjungan ke beberapa kampus di Indonesia. Jika teman-teman tertarik, bisa mengikuti sesi wawancaranya. Tahun lalu, Profesor saya berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia dan menjadi salah satu reviewer di sesi wawancara tersebut. Dan dari sana mereka-mereka yang lolos tahap wawacara dipersilahkan untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Dari apa yang saya pahami, tahapan agar diterima beasiswa ini, dari mulai mencari informasi profesor atau sesi wawancara, administratif, dan pengumuman. Jadi saran saya, banyak-banyak mencari info profesor-profesor yang ingin dituju dan menunjukkan ketertarikan kita pada bidang penelitian kita yang tentunya linier dangan mereka.

 

SESI TANYA JAWAB

SESI TANYA JAWAB 1

  1. Tanya_Cahyaning Dewi Handayani_UMS_Akuntansi

Skills yang kak Via kuasai mayoritas mengenai pengoperasian software, apakah software- software itu semua terkait dengan jurusan yang kak Via tempuh?

JAWAB: Alhamdulillah iya. Semua yg saya coba pelajari ini sesuai dg bidang tengah saya tekuni. Oh iya tambahan, penting sekali kita menekuni IT, karena khususnya Taiwan, untuk bidang keilmuan science maupun engineering, menuntut kita untuk bisa bahasa pemrograman, walau hanya matlab, setidaknya kita bisa salah satunya. Ini akan sangat menunjang bagi riset kita.

 

2.Tanya_Ittaka_STMKG(Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)_Instrumentasi

Assalamu’alaykum, salam kenal mbak via..saya salut sama mbak via..di usia masih muda sudah ambil S3..oiya saya punya pertanyaan nih mbak, smg mbak via berkenan menjawab:

Tadi mbak via bilang..mbak menempuh pendidikan by research..mbak punya tips nggak mbak ttg bagaimana menemukan celah sesuatu utk dijadikan topik riset?

Saya ingin sekali dapat beasiswa tapi saya sadar saya belum punya banyak publikasi ilmiah..tapi saya sangat sering sekali ikut seminar & training tentang IT..kebetulan saya berminat ambil S2 Computer Science..kira2 apakah sertifikat yang saya dapat dari pelatihan itu bisa dimasukkan dlm CV?

Terimakasih mbak via sblmnya..salam sukses selalu ????

JAWAB: Klo saran saya banyak-banyaklah membaca, banyak-banyaklah berada dalam forum diskusi ilmiah, karena darisana kita bisa mengetahui banyak hal yang mungkin saja salah satunya menarik buat kita. Kalau untuk sertifikat, dari pola yang saya coba pahami disini, di departemen saya, mereka tidak begitu tertarik dengan sertifikat. Maksud saya apa yg coba kamu tuliskan dalam biodatamu itu baiknya ketika nanti diterima sekolah ya diterapkan. Jadi mereka tidak terlalu menganggap itu sesuatu yg penting, maaf untuk hal ini memang begitu karakter mereka yang saya pahami. Untuk publikasi ilmiah, itu menjadi tuntutan setelah kita diterima, tapi ketika dari tahap S1 ke S2, profesor-profesor disini masih memaklumi jika belum banyak publikasi ilmiah yg dihasilkan sebelumnya. Tapi setelahnya diterima dan bersekolah, ya kita harus siap dengan tuntutan publikasi tersebut. Semoga menjawab pertanyaan.

 

3.Tanya_Afi_Ekonomi_Uin Malang_

Tadi kan pemateri bilang kalau yang utama adalah proposal penelitian, yang mau saya tanyakan apakah untuk mendapatkan beasiswa ini kita harus mendapatkan surat rekomendasi dulu dari kampus tersebut seperti LA gitu atau cuma harus lolos dari seleksi penerimaan beasiswa? Terima Kasih

JAWAB: LoA dikeluarkan setelah kita dinyatakan diterima bersekolah. Sementara surat rekomendasi yang saya maksudkan ialah rekomendasi dari profesor-profesor yang sudah mengenal baik pola kerja kita dan memang sebelumnya sudah pernah bekerja sama baik saat kita S1 maupun S2. Beasiswa dikampus kami ini sepaket dengan penerimaan kuliah, maksudnya jika kita diterima beasiswa itu bersamaan juga dengan diterima sebagai mahasiswa, khusus untuk NCU scholarship.

 

SESI TANYA JAWAB 2

  1. Tanya_Penina_Unram

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas materi yang sudah Ka Via sampaikan, yang saya ingin tanyakan adalah apakah keaktifan kita dalam suatu organisasi dan bukti prestasi juga merupakan syarat dalam mengajukan beasiswa? Terimakasih Ka Via ??

JAWAB: Tergantung apakah organisasi yang kita ikuti ini linier dengan keilmuan atau tidak. Maksud saya apakah organisasi yang diikuti memberikan banyak manfaat untuk peningkatan pemahaman keilmuan yang sedang kita tekuni. Karena yang terpenting ialah pemahaman keilmuan kita sampai seberapa dalam kita mengetahuinya. Semoga menjawab pertanyaan.

2.Tanya_Gandis Wilujeng_Polinema_Prmasaran.

Kak Via bagaimana jika kita bisa bahasa mandarin ketimbang bahasa inggris, apakah boleh? Dan apakah di kampus kakak menggunakan bahasa mandarin atau bahasa inggris?

JAWAB: Bisa yang dimaksud apakah sanya sebatas speaking atau keseluruhan? Karena disini, kebanyak untuk tingakat S2 dan S3, dalam keseharian komunikasi dan penulisan publikasi dituntut dengan bahasa inggris. Kalau bisa berbahasa mandarin baik komunikasi maupun penulisan akan sangat baik lagi.Untuk komunikasi dikelas, terkadang bilingual mandarin – inggris.

 

  1. Tanya Wulandari Unnes Biologi

Kak Via, apa alasan kakak dulu apply S3 di universitas kakak yang sekarang? Ceritain dong kak suka dukanya kuliah di Taiwan.

Terima kasih ??

JAWAB: Alasannya karena saya masih ingin meneruskan riset yg saya tekuni saat ini. Dan saya melihat Profesor saya cukup mumpuni untuk membimbing saya dibidang riset tersebut.

Hummm,,, sukanya yang jelas makin banyak pengalaman yang saya dapatkan disini, baik akademik maupun sosial. Banyak hal yang bisa saya pelajari disini dan itu menarik menurut saya sampai saat ini.Dukanya, ya harus siap mental untuk bekerja dengan profesor-profesor disini, siap bekerja dibawah tekanan, karena tidak jarang kita pun masih dituntut belerja bahkan dihari libur. Tidak hanya hari libur, bahkan harus sampai lembur bermalam-malampun saya pernah dan sering bahkan. Tapi semua karena saya coba nikmati setiap prosesnya.

 

SESI TANYA JAWAB 3

  1. Tanya_widya soktaviani_universitas mataram_pendidikan fisika

Biasanya penelitian bidang apa yang sering dilakukan oleh para profesor disana?? Apakah ada bidang pendidikan??

JAWAB: Untuk bidang penelitian fisika disini, saya tidak begitu paham. Karena departemen fisika dan geofisika itu terpisah. Tapi dari ada seorang teman saya yang saat ini S3 disini yang juga sama-sama dari Indonesia, penelitiannya mengenai nano material. Untuk kampus saya tidak ada bidang keilmuan pendidikan. Jika saat S1 bidang keilmuan kita adalah pendidikan fisika, maka untuk S2 disini menjadi fisika. Tapi ada beberapa kampus sepertinya di Taiwan yang memiliki jurusan pendidikan. Setidaknya ada 3 kampus klo saya tidak salah ingat. Semoga menjawab pertanyaan.

 

  1. Tanya_Desie_Univeritas Lambung Mangkurat_Kesehatan Masyarakat

Kakak, apakah studi kampus kak via semua jurusan memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing atau hanya beberapa saja? Lalu apakah ada syarat lain seperti harus dari universitas yang bekerjasama dengan universitas tersebut? Kemudian untuk kuota, adakah batas maksimum kuota bagi penerima beasiswa asing, jika ada, berapa? Terima kasih.

JAWAB: Sepemahaman saya, mahasiswa asing disini, semua dibawah beasiswa, baik itu beasiswa kampus maupun beasiswa pemerintah Taiwan. Semua jurusan membuka peluang untuk beasiswa, tapi apakah nanti diterima atau tidak bergantung apakah ada profesor yang bersedia menjadi supervisor atau tidak. Untuk fakultas saya sendiri, kuota tiap tahun biasanya menerima 3-5 mahasiswa asing. Tapi lebih jelasnya bagaimana kondisi administrasi dan kuota secara detail, saya tidak begitu paham. Tapi dulu saya pernah berkomunikasi dengan profesor saya, beliau mengatakan ditahun itu 2013, mereka hanya mau menerima 3 orang mahasiswa asing untuk S2 dan dua orang tingkat S3. Semoga menjawab pertanyaan.

 

  1. Tanya_Astrid Lelitya_UI_Tek.Industri

Apa ya prospek exchange S2 selama setahun dan sekalian tesis di sana gitu? Terus juga mau nanya suasana di sana untuk muslim itu seperti apa? Makasih.

JAWAB: Summer tahun ini saya melihat banyak sekali mahasiswa exchange dan intership dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ada di kampus saya. Saat ini kampus bersedia menerima banyak mahasiswa exchange dan intership. Tapi biasanya exchange hanya untuk 6 bulan saja. Untuk thesisnya itu bergantung apakah profesor bersedia atau tidak dalam jangka waktu yang singkat membimbing thesis. Alhamdulillah kondisi muslim di kampus, jauh lebih baik penerimaannya setiap tahunnya. Profesor dan mahasiswa lainnya bisa menghargai dan memahami. Dan ini tidak lagi menjadi masalah jika banyak mahasiswa asing muslim yang ingin belajar disini. Semoga menjawab pertanyaan.

 

Closing Statement

Jangan lelah untuk belajar, jangan lelah untuk berusaha. Jika gagal, teruslah mencoba. Tetap membangun mimpi dan cita2. Karena kita tidak akan pernah tau mimpi kita yg mana yg akan menjadi nyata.

Terimakasih atas waktu, kesempatan dan kehangatan dari teman2 semua.Semoga yg sedikit ini dari saya bisa menjadi manfaat untuk semuanya. Mohon maaf jika ada yg kurang berkenan. Terimakasih semua.}