Schotalk#1 Sahabat Beasiswa Chapter Mataram

Prepare Your Self Lets Study Abroad

Bersama kak Raeny

 

Schotalk #1 D SB Mataram 20150908_034639

 

> Materi Awal

Perjalanan saat memperjuangkan beasiswa dari mulai kuliah S1 hingga lulus dan menerima beasiswa LPDP, kalau dihitung dari sejak SMK sampai sekarang lebih kurang 8th.

Kutipan favorit kak Raeny dari film “Akeela”

“ Our deepest fear is not that we are inadequate. Our deepest fear is that we are powerful beyond measure. We ask our selves, who am I to be brilliant, gorgeous, talented, fabulous? Actually, who are you not to be? Your playing small does not serve the world. We were born to make manifest the glory of god thet is within us. It’s not just in some of us; it’s in everyone. And as we let our own light shine, we unconsciously give other people permission to do the same. As we are liberated from our own fear, our presence automatically liberates others.”

Jadi intinya, kalau kita niatkan untuk melakukan yang terbaik agar mendapatkan ridho Sang Maha Pencipta sebagai rasa syukur kita atas anugerah yang luar biasa.

> Materi kedua

Dimulai saat menempuh studi S1. Kak raeny adalah mahasiswa Bidikmisi, sehingga Ia merasa harus bertanggung jawab untuk setiap benefit yang dinikmati dari pemerintah. Oleh karena itu Ia berusaha untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan berkontribusi dalam kegiatan organisasi maupun pengabdian masyarakat dikampus maupun luar kampus untuk melatih soft skill. Tentu, tidak hanya niat, tetapi juga action melalui usaha, doa baik dari diri sendiri maupun orang tua, dan tawakkal karena sudah ada yang mengatur semua ini. Setelah selesai menempuh S1 Ia ingin melanjutkan studi di UK, dan sekarang tengah menempuh studi di University of Birmingham untuk program Master of Science in international Accounting and Finance. Di UK, English speaking country Culture Budaya akademik yang mendorong mahasiswa untuk bekerja keras, cerdas, jujur, penuh etika, dan tetap mempertimbangkan probabilitas, kareana semuanya tidak ada yang fix kecuali matematika. J

 

> Materi Ketiga

Another important point is planning..

Membuat jadwal dan target disetiap action yang dilakukan itu sangat penting, tetapi kembali ke point bahwasanya manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.

> Materi keempat

Tentang LPDP…

Apabila kawan-kawan ingin mendaftar yang pertama di cek adalah jadwal, karena tahap ini menentukan langkah awal kawan-kawan semua.

 

1

 

7

3

4

5

6

 

> Materi Terakhir

Ketika ditanya tips nya, tentu yang pertama adalah buka website, baca panduan, download booklet, dan setiap periode mungkin berbeda. Eksplorasi diri dan memantaskan diri karena yang menjadi kunci utama adalah masing-masing individu. Dan yang terakhir buka web Sahabatbeasiswa.com karena saya mendapat informasi yang berharga dari web tsb. J

> Pertanyaan sesi Pertama

  1. (Tanya_briliana_UNY) Kak raeni, sharing pengalamannya dong buat dapetin LOA dari kampus yang dituju, dan bagaimana caranya?

Jawab :

Untuk mendapatkan LOA, setiap kampus dan masing-masing negara memiliki kriteria yang berbeda-beda. Cek website admission kampus yang akan dituju. Pelajari secara detail persyaratan yang diminta, e.g in the USA, harus menyertakan hasil test GMAT atau GRE selain Toefl IBT untuk personal statement, pelajari juga panduan dari universitas karena masing-masing juga mempunyai kriteria yang berbeda. Jadi intinya untuk persiapkan baca, baca, baca, dan refleksi diri, apa kelebihan dan kekurangan masing-masing individu sehingga ketika mendaftar kekurangan tersebut sedah dapat ditutupi dengan kelebihan yang dimiliki.

  1. (Tanya_Rusly Akhmad Junaedi_UGM) Apa saja tips untuk merancang proposal penelitian yang sesui dengan tema prioritas dari LPDP, khususnya untuk program studi yang belum tercantum di website LPDP.

Jawab:

Terkait proposal penelitian, tergantung ingin melanjutkan S2 atau S3, karena untuk program saya, saya tidak memerlukan proposal penelitian ketika mendaftar S2. Hanya pada universitas tertentu saya harus membuat Essay. Jadi saya moon maaf belum bisa menceritakan lebih detail karena belum kapasitas saya.

  1. (Tanya_sisil_UGM) Bagaimana cara meyakinkan pewawancara LPDP bahwa kak raeny pantas menjadi seorang awerdee? Ada tips khusus nggak untuk menjawab pertanyaan? Dan apa yang menjadi point penting pada saat penulisan essay?

Jawab :

Cara meyakinkan LPDP adalah refleksi diri terlebih dahulu bagaimana kontribusi kita saat ini dan kontribusi yang akan kita lakukan selanjutnya dan yakinkan bahwa ketika wawancara, saudara menjadi diri saudara sendiri dan tidak perlu menjadi orang lain karena psikolog akan mengetahuinya dari gaya berbicara saudara.

Terkait Essay, sampaikan kontribusi apa yang telah saudara lakukan dan planning di masa mendatang. Walaupun sebagai ketua atau sie dalam orang tertentu apabila penulisannya dapat dikemas dalam tulisan yang menarik insya allah akan sangat bermanfaat.

> Pertanyaan sesi Kedua

  1. (Tanya_Yeny_UNS) Apakah keikutsertaan dalam organisasi selama kuliah memiliki point yang besar untuk mendapatkan beasiswa LPDP? Misal hanya ikut satu organisasi saja apa masih memiliki kesempatan mendapat beasiswa LPDP?

Jawab:

Point penting disini adalah kontribusi yang bisa diberikan walaupun sekecil apapun. Mungkin suatu hal yang kecil ini bisa berdampak besar. Ketika mengikuti 10 organisasi tetapi tidak ada peran yang diberikan, apakah ada manfaatnya? Jadi tetap semangat untuk berkontribusi!

Cek ted talk ini bagus: http://www.ted.com./talks/harish_manwani_profit_s_not_always_the_point?language=en

  1. (Tanya_Nita_unnes) saya mau tanya, UoB punya program summer school nggak? Saya pengen ikut. Dan kira-kira apa yang perlu saya siapkan untuk dapat LOA dan lolos beasiswa LPDP?

Jawab:

Apabila ingin menjadi awardee LPDP, Cek syarat yang harus dipenuhi, breakdown masing-masing yang dibutuhkan, ukur kelebihan dan kekurangan, persiapkan masing-masing sebaik mungkin sejak sekarang.

  1. (Tanya_Nandina Medyana_UNRAM) Bagaimana cara kak raeni agar tetap termotivasi dalam mencapai setiap impian?

Jawab:

Motivasi, selalu ingat tujuan hidup. Ketika sedang down saya sharing kepada orang yang bisa membuat saya termotivasi kembali yaitu orang tua. Karean beliau selalu mengingatkan saya agar agar selalu bersyukur atas setiap nikmat yang saya terima karena itu adalah yang terbaik untuk saya.

> pertanyaan sesi ketiga

  1. (Tanya_Cenia Putri Hanifah_Sekolah Tinggi Analisis Bakti Asih) bagaimana peluang kita sebagai mahasiswa PTS untuk mendapatkan beasiswa di UK? Karena terkadang, PTN lebih diutamakan dibandingkan PTS.

 

Jawab:

Rekan saya dari swasta banyak juga yang kuliah program master.setiap orang mempunyai kesempatan yang sama, yang membedakan adalah kontribusi apa yang bisa dilakukan. Teman saya ada juga dari PTS yang mendapatkan BPRI. Jadi tetap semangat dan positif thinking yaa.. J

  1. (Tanya_M.Lukman_UPI) Bedanya University of Birmingham dengan University College Birmingham apa? Atau sama-sama Universitas? Terus, saya mahasiswa komunikasi tapi tertarik dengan tourism kalau di University of Birmingham ada master of tourism nggak?

Jawab:

University of Birmingham http://www.birmingham.ac.uk./index.aspx dengan University of College Birmingham http://www.ucb.ac.uk./home.aspx keduanya berbeda, setahu saya di UoB ada MA Internasional Heritage Management.

  1. (Tanya_Tiya Asrorul Wahyi_IPDN) apakah Universitas di UK menerima student untuk program master lulusan D IV? Share dong mbak di UK Universitas mana saja yang mbak tau recomended untuk program master jurusan public policy.

Jawab:

Universitas di UK, Sepengetahuan saya juga menerima alumni D4, karena ada beberapa alumni STAN yang melanjutkan studi di University of Birmingham. Terkait rekomendasi Universitas mana, menurut saya check universitas yang diinginkan atau ada kakak tingkat yang menjadi alumni disana. Karena prioritas setiap orang beda-beda dan check pula modul untuk masing-masing mata kuliah apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.