Schotalk#1 Sahabat Beasiswa Chapter Depok

== NOTULENSI SCHOTALK PERDANA SB CHAPTER DEPOK ==

IMG-20151101-WA0001

📢PERKENALAN
Perkenalkan nama saya Iqbal, kuliah Teknik Kelautan 2009 di Bandung. Saya Alhamdulillah dapap kesempatan buat belajar S2 di UK selama setahun tepatnya di University of Southampton jurusan Engineering in Coastal Environment. Alhamdulillah lolos dua beasiswa yaitu LPDP dan Erasmus, tapi saya ambil LPDP. Nah kalau untuk persiapan keberangkatannya dimulai dari setelah lulus. Pertama tes IELTS dulu, soalnya paling penting. Kira-kira persiapannya sebulan dari bulan November-Desember 2013. Terus daftar 3 program, 2 program Erasmus dan 1nya daftar ke Southampton UK ini. Sebelumnya saya mau ambil jurusan Coastal Engineering karena S1nya Teknik Kelautan dan arah pembangunan pun sedang condong ke pelabuhan. Jadilah saya cari program yang berkaitan yang dan menemukan 3 program yaitu ERASMUS COMEM (Southampton, NTNU, Delft), ERASMUS INTERWEAVE (Ecole Nantes), sama di Southampton UK sendiri. Selama bulan Januari sampai Maret dimanfaatkan buat apply. Khusus untuk yang COMEM bulan Desember sudah mulai apply meski belum punya skor IELTS. Sambil menunggu LOA, mencoba LPDP dengan daftar parallel antara beasiswa dan kampusnya. Alhamdulillah pas hasil tes IELTS keluar memenuhi syarat semua. Nah untuk tips menulis Motivation Letter, alurnya seperti ini: Latar belakang pendidikan kamu -> permasalahan yang diliat -> solusi yang ditawarkan -> kaitan solusi dengan institusi tujuan -> rencana studi -> rencana pasca studi. Sedangkan untuk Recommendation Letter bisa minta ke dosen yang udah ahli dan berpengalaman. Singkat cerita, apply Erasmus (2) dan LPDP itu semua lolos dan diterima. Setelah diskusi dan istikharah, bulat keputusan untuk ambil beasiswa LPDP di UK karena waktu kuliahnya cuma satu tahun. Lalu menjalani karantina dan akhirnya berangkat ke UK. Untuk pengalaman hidup disana segala sesuatunya harus sendiri, sampe nyetrika (yang mana kerjaan paling malesin sedunia). Sebelum berangkat juga belajar memasak dulu, Alhamdulillah gak ada kesulitan apa-apa  selain gaada terasi hehehe.

🔰DAFTAR PERTANYAAN DAN JAWABANNYA

1 Karno_UNJ_Elektronika
– Pertanyaan: Gimana sih caranya agar bisa lolos tes IELTS dengan mudah? Ada trik dan tips khusus gak?
– Jawaban : Latihan dan download softcopy buku IELTSnya. Pokoknya kerjain itu reading sama listening sampe gaada yang salah. Salahnya ada dimana,  dianalisis dan diulang terus aja sampe bisa. Kalo writing latihan sendiri dengan cara baca-baca paper dan speaking latihan sama tembok.

2 Fathiya_UGM_Biologi
– Pertanyaan :
Waktu sesi LGD dan Interview LPDP, apa yang perlu jd prioritas biar penilaian reviewer bagus kepada kita?
– Jawaban : Nah kebetulan angkatan saya itu pertama ada LGD. Untuk penulisan essay jangan “gombal”. Baca lagi essaynya, luruskan niat.

3 Isham_UNJ_Teknik Elektronika.
– Pertanyaan : bagaimana tes masuk universitas disana ? Seperti apakah sistem tes tersebut ? Terimakasih
– Jawaban : Buka web univnnya, daftar online, dan ikuti prosedur yang ada karena masing-masing univ beda prosedurnya

4 Dwi OL_UNJ_Bahasa dan Sastra Inggris
– Pertanyaan : Dijelasin dong kak gimana pas kakak cari program studinya itu? Lgsg cari diwebsite Univnya atau gimana? Dan ukuran bagus atau tidaknya itu berdasarkan akreditasi atau apa?
– Jawaban : Saya sih cari yang penelitiannya cocok. Rajin-rajin browsing.
Pokoknya dari interest -> negara -> cari satu persatu. Waktu itu tapi saya gak mau ke negara Asia soalnya kurang cocok sama sistemnya hehehe. Ohiya terus dilist masing-masing univ dan program, prosedurnya gimana, dan sedang ada apa aja risetnya.

5 Reza_Gunadarma_Ekonomi Akuntansi
– Pertanyaan : Tips dan trik belajar untuk persiapan IELTS selama sebulan biar tercapai targetnya gmn? Ada tips khusus gak? Apa buku yg jadi referensi untuk belajar IELTS selama sebulan itu?
– Jawaban : Belajarnya pokoknya sediakan minimal 2 jam untuk belajar dari buku IELTS, salah satunya dari Cambridge. Banyak kok di internet hehehe 😁. Terus belajar dari kesalahan pas nyocokin jawaban sama kunci jawabannya. Intinya never stop making progress dan jangan cepat puas.

6 Karno_UNJ_Elektronika
– Pertanyaan: Apa sih pertimbangan kak iqbal dalam memilih Universitas tujuan? Karena jujur, saya sering banget dilema dan galau saat memilih univ yang tepat
– Jawaban : Risetnya sesuai sama yang saya inginkan dan modul kuliahnya juga.

7 Reza_Gunadarma_Ekonomi Akuntansi
– Pertanyaan : Sistem apa yg membuat gak cocok di Asia dan akhirnya memilih UK?
– Jawaban : Kalo di Asia memang lebih disiplin orangnya, tapi nanti pas riset harus nurut sama Professornya. Itu yang bikin saya kurang merasa cocok.

8Ilham_Sastra Jawa_2010
– Pertanyaan : Pada saat tes interview pasti ditanya ttg negara/univ/jur yg kita pilih dan alasannya kenapa. Nah, seberapa jauh kita harus tahu mengenai negara/univ/jur yg kita ambil?
– Jawaban : Risetnya apa, keselarasan dengan rencana studi kamu dan rencana ke depannya, kelebihan dan kekurangan dibanding jurusan yang sama di tempat lain.

9 Maftuhah_PNJ_T.Elektro
– Pertanyaan : Kak buat selalu komitmen never stop making progress saat kita lagi ada di titik dimana kita jenuh tuh gimana, karena jujur kalo saya seringnya semangat banget pas awal2 aja lama2 ada pemakluman diri buat ga lanjutin progressnya itu
– Jawaban : Lurusin niat. Kalo udah niat, pas turun niatnya pasti naik lagi. Tapi jangan lupain main ya karena main itu perlu. Bukan berarti harus jadi anak belajar terus. Juga berdoa dan minta restu orang tua.

🔟 Karno_UNJ_Elektronika
– Pertanyaan: Apasih kesulitan yang paling sulit saat kakak mengajukan beasiswa?
– Jawaban : Menunggu😀😁

11 Dwi OL_UNJ_Bahasa dan Sastra Inggris
– Pertanyaan : Jadi kakak pas daftar LPDP belum punya LOA? Terus dapet recommendation letter dr siapa aja kak? Dan berapa jumlahnya?
– Jawaban : Belum. Dapet surat rekomendasi dari 2 orang dosen pembimbing.

12 Isham_UNJ_Teknik Elektronika
– Pertanyaan : Bagaimana kehidupan kaum muslim disana ? Dan bagaimana ka iqbal beradaptasi sbg seorang muslim disana? Terimakasih
– Jawaban : Muslim disana erat hubungannya. Mudah bagi kita untuk beradaptasi dengan banyaknya Supermarket yang menjual daging halal. Paling kalo lg hang out ke pub/club aja harus kuat iman. Mushola dan Masjid juga tersedia kalo di UK, beda hal kalo di negara Eropa terutama di Skandinavia. Kuliahnya susah lho harus siap mental juga 😂. Kalo lagi patah semangat inget banyak orang yang mau tempat kita disana. Jadi jangan mengeluh, dijalanin aja.

13 Dwi OL_UNJ_Bahasa dan Sastra Inggris
– Pertanyaan : Erasmus kan ditolak tuh kak, kelanjutannya gimana? Oiya, pas dinyatakan lulus seleski yang Erasmus, lgsg dikasih tau gitu gak sih ke negara mana aja dan atau Univ apa aja?
– Jawaban : Erasmus gak diambil meski keduanya lolos karena saya males kuliahnya harus berpindah Norway-Belanda-Inggris.

14 Harmita maharani_UI_Biologi..
– Pertanyaan : Gmna pengalaman waktu PK LPDP? Ada kesulitan ga?
– Jawaban : Saya waktu PK LPDP cuma berpikir, “Yaudahlah, toh dapet 1 M lebih buat biaya kuliah pasti ada manfaatnya.” PK saya adalah pertama kalinya yang PK seminggu. Programnya intinya untuk mempererat satu angkatan. Kegiatannya seminar dan team building.

15 Fathiya_UGM_Biologi
– Pertanyaan : Dulu ambil tes IELTSnya dimana? Kira2 topik2 speaking yang sering dipake apa? Trus, di UK emang kalo hang out ke pub/club gitu musti ikutan ya? Itu acara kampus apa gimana?
– Jawaban : Saya ambil tes IELTS di British Council, untuk topik bisa dicek di web IELTSnya. Dan untuk kegiatan pub/club gak harus ikut sih, cuma biar gak culun aja😄. Itu bukan acara dari kampus, hanya ngobrol dan diskusi soalnya sayang kan udah sampe sana tapi gak dapet kenalan atau temen. Pub/club disana itu perbandingannya kalo disini angkringan lah, sarana sosialisasinya itu doang soalnya.

16 Reza_gunadarma_akuntansi
– Pertanyaan : Maaf saya masih awam tentang beasiswa erasmus? Bs dijelaskan sedikit dan perbedaan-perbedaanny dengan LPDP apa aja?
– Jawaban : Erasmus itu programnya beda-beda dan kuliah di multi kampus. Tapi untuk syaratnya sama, hanya saja applynya pake bahasa Inggris semua. Serunya bisa jalan-jalan ke beda negara sedangkan gak serunya yaitu capek pindah-pindah dan juga gak ada orang kampus yang deket banget.

17 Dwi OL_UNJ_Bahasa dan Sastra Inggris
– Pertanyaan : Kak, ceritain doong suasana perkuliahan di sana, pas lagi di kelas terutama. Oiya, perpusnya bagus gak kak? Cozy gak?
– Jawaban : Perpusnya asik. Suasana kuliahnya sama aja sih ya cuma bedanya pake bahasa Inggris bahasa pengantarnya. Saya biasa rekam tuh materi kuliahnya terus sampe rumah didengerin lagi. Kalo keaktifan mahasiswa disana saya rasa gak ada bedanya, suasananya mirip. Gak selalu semua mahasiswanya aktif, sama seperti di Indonesia.

18 Reza_Gunadarma_akuntansi
– Pertanyaan : Bagaimana dengan biayanya hidup dan kuliah disana? Apa ditanggung full seperti LPDP dan jg klo misalkan nanti dengan istri jg ditanggung jg sekian persennya?
– Jawaban : Biaya kuliah dan hidup gausah kuatir, pasti cukup insya Allah asal gak aneh-aneh. Kalo punya istri sekarang dapet tunjangan 25% dr biaya bulanan dengan syarat istrinya bukan awardee LPDP juga.

19 Dwi OL_UNJ_Bahasa dan Sastra Inggris
– Pertanyaan : Cortect me ya kak. Jadi kakak apply Erasmus juga pas belum punya skor IELTS? Itu dikasih waktu berapa lama buat pada akhirnya melampirkan skor IELTS gitu? Terus yang dibutuhin selain IELTS apa lagi? Apa kaya LPDP yang butuh TOEFL dan IELTS? Semua dokumen shud be translated into English kan ya?
– Jawaban : Sebulan. Kalo LPDP minta salah satu aja. Semua dokumen diminta aslinya dan yang sudah ditranslate into English.

20. Luthfir_UI_Matematika
– Pertanyaan : Saya pernah denger kalau mahasiswa yang dari Asia kuliah ke Eropa tempat nongkrongnya kalau enggak kelas di perpus soalnya perlu banyak penyesuaian yang dipelajari, bener gak tuh?
– Jawaban : Itu balik ke masing2 orang sih. Tp yang jelas disana pola belajarnya individual.

📝 CLOSING STATEMENT
“Kalau ada mimpi, jangan cepat menyerah, perbanyak bangun, kurangin tidur.
Jangan cepat merasa puas karena kesempurnaan hanya milik Tuhan YME.
Terima kasih atas waktunya juga, semoga bermanfaat, maaf tidak bisa share banyak karena tidak tatap muka langsung.
Selamat istirahat dan goodluck!

Sekian dan terima kasih.
🌾🌾🌾