Suasana saat di ruang on air

Senin (28/01), Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya berkunjung ke RRI Pro 2 Surabaya 95.2 FM untuk ikut “numpang nampang”. Ada tiga pembicara, yaitu Ade Putri (Kak Ciko) dari pengurus pusat Sahabat Beasiswa, Shinta Tri Laksmi dan Tunjung Prastiwi sebagai perwakilan dari pengurus Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya.

Siaran di radio ini bertujuan untuk mengenalkan “apa sih organisasi Sahabat Beasiswa itu?” dan sharing mengenai beasiswa LPDP yang pernah didapat oleh kak Ciko pada tahun 2016. Sahabat Beasiswa adalah suatu komunitas penyedia informasi beasiswa atau yang biasa disebut sosioedupreneur. Saat ini, Sahabat Beasiswa sudah memiliki 61 Chapter di Indonesia. Di Surabaya sendiri mulai didirikan pada tahun 2015. Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Sahabat Beasiswa antara lain, workshop, bimbingan bahasa, dan berbagai event yang berhubungan dengan beasiswa.

Salah satu big event yang akan diselenggarakan Sahabat Beasiswa dalam waktu dekat ini adalah WISH Festival (World Indonesian Scholarship Festival). Dalam agenda ini nantinya akan ada pameran beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, juga disediakan coaching class untuk persiapan beasiswa serta mendatangkan pembicara dari penerima beasiswa berbagai negara, CEO perusahaan, dan banyak pembicara lainnya yang akan menyampaikan motivation talk.

Saat Kak Ciko berbagi pengalamannya mendapatkan beasiswa LPDP 2016, ia mengatakan, “Ada perbedaan seleksi antara tahun 2016 dengan tahun ini. Untuk beasiswa LPDP tahun ini ada peraturan yang berubah dengan tahun 2016 lalu.” Kak Ciko juga memberi informasi bahwa ada kontrak setelah lolos seleksi. “Misalnya saya, untuk menyelesaikan S2 membutuhkan waktu 2 tahun jadi 2(2)+1=5. Artinya 5 tahun setelah kita lolos, kita harus mengabdikan diri untuk Indonesia. Ada syarat khusus yang menjadikan seorang awardee tidak  bisa kembali ke Indonesia karena menjadi perwakilan UN untuk Indonesia. Selain itu, kita harus kembali dan mengabdi di Indonesia. Nah, salah satunya adalah melalui WISH Festival ini.” imbuh Kak Ciko.

Artikel ini berisi kegiatan dari Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship