Sahabat Beasiswa (SB) Pusat Divisi Public Relation (PR) mengadakan pelatihan Pembuatan Press Release, Sabtu 6 Oktober 2018 di Grup Keluarga Ceria SB dengan pembicara Lukman Hakim S.I.Kom M.Sos.

Menurut Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya ini, Press Release merupakan naskah berita atau informasi yang dibuat oleh praktisi humas (PR/Public Relations Officer) sebuah lembaga, instansi atau organisasi untuk dipublikasikan ke media massa. Isi Press Release biasanya berupa data atau informasi tentang sebuah kegiatan –pra ataupun pasca.

Lebih lanjut Journalist Komunikasi Informasi ( Kominfo ) Jawa Timur ( Jatim )  mengatakan langkah-langkah pembuatan press release. pertama, harus punya relasi yang baik dengan semua media beserta kontak dan emailnya. Hal ini sangat penting untuk membantu memastikan bahwa rilis yang kita kirim dimuat oleh media.Kedua, menulis berita untuk press release harus memuat data yang lengkap dan upayakan bahasa yang digunakan menarik. Terutama dibagian judul dan lead berita.Ketiga, setelah berita ditulis jangan lupa, sertakan gambar dan nomor telp yang bisa dihubungi atau dikonfirmasi. Kadang, ada informasi yang perlu diperdalam oleh wartawan sehingga butuh wawancara.

“Kemampuan menulis bukan karna bakat atau potensi, hanya pembiasaan. Hakikatnya, semua orang bisa menulis. Untuk membuat judul press release ataupun berita yang menarik, himpun semua data dan informasi selengkap mungkin. Di akhir, pilih satu angle yang paling menarik. Itu yg dibuat judul”. Ujar  mahasiswa berprestasi dan lulusan terbaik UIN Sunan Ampel Surabaya 2014.

Hani Utami Citra S.Ip Koordintaor  SB Pusat PR berharap dari pelatihan Press Release, Sahabat Beasiswa pusat dan Chapter  akan lebih banyak menghasilkan tulisan-tulisan artikel maupun Press Release. Nantinya kita akan bekerjasama dengan SB Chapter untuk menghasilkan Press Release maupun artikel dari kegiatan SB Chapter sebulan sekali.

Menurut Agus Yusuf Pengurus SB Chapter Puwekerto, acara ini membuatnya bisa lebih memperdalam tulisannya lagi. Lain lagi menurut Hasanudin Pengurus SB Cirebon, Pelatihan Press Release membuatnya bisa mengetahui cara mengolah redaksi kata dengan baik dan benar dan lebih bisa mengetahui bagaimana cara membuat judul agar menarik di baca.Isra/

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship