Beasiswa Luar Negeri Informasi Beasiswa Testimonial

Palli-Palli dan Saemaul Undong ; Sepenggal Cerita dari Penerima Beasiswa IRDA-KIST Program di Korea

korea

Membaca judul di atas, pasti Sobat SB penasaran kan apa itu Pali-Pali dan Saemaul Undong? Sabar, mari kita simak dulu paparan wawancara penulis dengan Agus Ismail, penerima beasiswa IRDA-KIST program (international Research and Development Academy-Korea Institute of Science and Technology) tahun 2011-2013.

Kakak yang satu ini dulunya kuliah jurusan clean energy dan chemical engineering di Korea University of Science and Technology, KIST Campus. Sekarang Si do’i sedang melakukan penelitian tentang solar cell. Keren bukan?

Apa saja sih keistimewaan keistimewaan beasiswa IRDA-KIST? Ya, bahwa beasiswa ini jumlah stipendnya besar, fasilitas penelitian dan penunjang kehidupan sehari-hari sangat baik, dan tentunya bisa tinggal di Korea. Info detail, bisa cek di irda.kist.re.kr

Mungkin Sobat SB banyak yang bercita-cita ke Korea tuh, ingin ketemu artis idolanya. Nah ini dia sisi menarik Korea yang harus kamu tahu. Ketika penulis menanyakan mengenai hal-hal yang mengesankan di Korea, ini dia jawaban dari Kak Agus Ismail:

Yang berkesan adalah semangat kerja orang korea yg luar biasa. Menginspirasi dan mengajarkan saya bagaimana seharusnya yang dilakukan oleh suatu negara untuk maju. Negara yang tadinya tidak lebih baik dibandingkan Indonesia pada awal membangun, namun saat ini jauh meninggalkan dalam berbagai bidang, khususnya penguasaan sains dan teknologi.

Karena korea punya motivasi besar untuk menjadi yang terbaik, khususnya mengalahkan negara tetangganya (jepang). Sehingga mereka selalu berusaha melakukan yang terbaik dengan budaya serba cepat (palli-palli) dan berdikari (saemaul undong). Selain itu, hal yang unik dari masyarakat korea adalah kesempurnaan. Mereka selalu totalitas dan profesional dalam melakukan berbagai hal. Pelayanan publik dilakukan dengan baik. Bahkan seseorang yang berprofesi sebagai petugas kebersihan, melengkapi dengan alat keselamatan dan higienis.


Sekarang sudah tahukan apa itu Palli-Palli dan Saemaul Undong? Nah, sebagai pelajar Indonesia, filosofi ini bisa kita adaptasi lho di kehidupan sehari-hari kita, agar kita selalu terpacu untuk menjadi lebih baik dan tentunya berdedikasi untuk negara agar nggak kalah juga dari negara-negara lain.

About the author

Rita Suryani