Sejarah Sahabat Beasiswa

Sahabat beasiswa, sebuah organisasi sociopreneur di bidang pendidikan (kami menyebutnya SocioEduPreneur!), bermula sejak tahun 2012. Sepulang menempuh pendidikan di luar negeri selama kurang lebih 11 tahun, Radyum Ikono, B.Eng, M.Eng (Ikono) memiliki keinginan untuk membantu sebanyak mungkin manusia Indonesia menikmati sensasi kuliah dan mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar negeri. Ikono bersama beberapa kawan dekatnya yang berkuliah di luar negeri, seperti Ridwan Salim Sanad, B.Sc (Ridwan), Rahmatri Mardiko, M.Kom (Diko), dan sebagainya mulai melakukan aktivitas konsultasi beasiswa dan menjadi pemateri di seminar-seminar beasiswa.

Hampir setiap minggu mereka mendapatkan permintaan untuk memeriksa aplikasi beasiswa seperti CV, motivation letter, proposal riset, dan lain sebagainya. Sambil berkeliling memenuhi undangan dari sekolah, kampus, radio, maupun komunitas untuk bercerita mengenai informasi dan tips-trik mendapatkan beasiswa di dalam dan luar negeri. Animo yang cukup besar tersebut menyadarkan Ikono, Ridwan, Diko dan beberapa mahasiswa Indonesia di luar negeri akan perlunya sebuah komunitas yang dapat menjembatani para pencari beasiswa dengan para peraih beasiswa.

Puncaknya, pada 15 Desember 2013, disepakati untuk mendirikan sebuah komunitas bernama Sahabat Beasiswa yang dipimpin oleh Ikono sebagai Direktur Eksekutif pertama. Ridwan, Diko, dan juga menggandeng beberapa rekan lain seperti Ridwansyah Yusuf (Yusuf), Nurwenda Novan (Novan), Bening Tirta Muhammad (Bening), dan banyak lainnya juga ikut bergabung sebagai pembina dan pengasuh kegiatan Sahabat Beasiswa.

Di tahun 2014, generasi pertama pengurus Sahabat Beasiswa memfokuskan pada eksistensi dengan mengaktifkan website, social media (Facebook, Twitter), dan memperluas jangkauan seminar ke lebih banyak kampus, dengan dibantu oleh sekitar 20-an volunteers.

Babak baru Komunitas Sahabat Beasiswa dimulai pada November 2015. Rapat pengurus menyepakati untuk mengangkat Muhammad Dzarnudji Aziz sebagai Direktur Eksekutif yang baru, ditemani oleh Bhekty Chrisviandi sebagai Direktur Marketing.

 

Visi dan Misi :

Visi

Menjadi Lembaga Penyedia Informasi dan Pembinaan Beasiswa Nomor Satu di Indonesia pada 2016

Misi

  1. Menjalankan lembaga secara progresif, transparan dan profesional demi terwujudnya visi bersama.
  2. Mengembangkan Program Unggulan dengan berasaskan creativity, collaboration, and integration.
  3. Optimalisasi peran teknologi informasi dan media sosial dalam menjalankan kelembagaan.
  4. Menerapkan prinsip all in one solution dalam menjaga kepuasaan pelanggan.