National Workshop Tour Sahabat Beasiswa merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Start up Sahabat Beasiswa, Scholabro, dengan beberapa Sahabat Beasiswa Chapter di Indonesia. Mengusung tagline “1 Hari Taklukkan Beasiswa Ke Luar Negeri,” workshop tour ini dimulai dari Chapter Kendari, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, dan Lampung.

Sebanyak lebih dari 100 peserta hadir untuk mengupas hal-hal terkait beasiswa. Narasumber yang dihadirkan pun tidak kalah keren, diantaranya Radyum Ikono (Founder SB), Agatha (Executive Director SB & Awardee LPDP), Syukron Eko Prasetyo (Koor PPI Polandia 2017) dan Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. Mujiburrahman (McGill University Kanada & Universiteit Utrecht Belanda) dan masih banyak lagi.

National workshop tour kali ini bekerjasama dengan beberapa organisasi seperti PPI Dunia, BEM atau Himpunan Mahasiswa, pihak kampus, radio hingga komunitas tari mahasiswa daerah.

Kendari (28 April)

Sebagai chapter pembuka national workshop tour, peserta yang hadir di Kendari terbilang cukup banyak. Hal ini diungkap oleh Yuli, ketua Panitia Workshop Chapter Kendari, “Alhamdulillah, peserta yang mengikuti kegiatan kemarin sekitar 130 orang dan selama kegiatan berlangsung mereka sangat antusias,” lanjut Yuli.

Panitia Workshop Chapter Kendari bersama Founder SB
Bandung (1 Mei)

Untuk pertama kalinya, Chapter Bandung bekerjasama dengan organisasi luar. Organisasi yang dimaksud adalah Himpunan Metalurgi Universitas Jenderal Ahmad Yani, atau biasa disebut Unjani. Koordinator Chapter Bandung, Risna, mengatakan, “Kebetulan ketua pelaksananya alumni himpunan.” Selain tempat, mereka juga dibantu dalam hal-hal lain seperti konsumsi, seminar kit dan hal lain yang standar untuk seminar. “Dan karena sekarang kita bareng Himpunan, kita juga persiapan gimana caranya bisa bekerja bareng mereka. Secara ini pertama kali kan bareng luar,” jelas Risna.

Peserta dan Panitia Workshop di Bandung bersama Founder SB
Surabaya (5 Mei)

Lain kota, lain cerita. Panitia Workshop Chapter Surabaya mengaku kalang-kabut karena tepat kurang dari 14 jam sebelum acara, gedung yang akan digunakan workshop, harus steril sebab ada sweeping untuk SBMPTN. Mereka bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya. Mendapat kabar kurang menyenangkan, panitia sigap mencari alternatif sewa ruangan.

Dua setengah jam setelahnya (sekitar pukul 20.30 WIB), akhirnya mereka menemukan lokasi pengganti yang masih dalam satu area UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berjarak 500m dari lokasi pertama. “Syukur Alhamdulillah. Akhirnya kita dapat tempat yang tak jauh dari lokasi sebelumnya. Artinya hal ini tidak menyulitkan para peserta untuk mencari-cari tempat pelaksanaan. Mengingat bahwa ada beberapa peserta berasal dari luar Surabaya,” jawab Iqomah, koordinator SB Chapter Surabaya.

Penyerahan cinderamata oleh Ketua Panitia dan Koordinator Chapter Surabaya kepada Kedua Pemateri

Kehadiran para peserta dalam workshop tour, memantik semangat para panitia untuk terus memberikan yang terbaik membantu mewujudkan impian kuliah di luar negeri dengan beasiswa. After movie workshop tour Surabaya dapat dilihat di sini.

Purwokerto (6 Mei)

Antusiasme yang tinggi dari para peserta juga dirasakan oleh Panitia Workshop Chapter Purwokerto. Hal ini diungkap oleh Ni’mah selaku Ketua Pelaksana dari Chapter Purwokerto, “Antusiasmenya sangat tinggi, terlihat saat break shalat Ashar mayoritas peserta tetap stay dan tidak pulang. Biasanya acara seperti ini peserta banyak yang pulang ketika break. Saat sesi konsultasi di akhir pun peserta sangat antusias. Beberapa pertanyaan saat sesi tanya jawabpun ada yang tidak bisa tersampaikan.”

Peserta dan Panitia bersama Pemateri
Kalimantan Selatan (12 Mei)

Setiap chapter memiliki tantangan masing-masing. Namun para panitia di masing-masing chapter merasa puas. Terbayar dengan kegiatan yang berjalan lancar dan antusiasme tinggi dari para peserta. Untuk sesi hiburan, Chapter Kalimantan Selatan tidak kalah seru. Mereka bekerjasama dengan komunitas Ruhui Rahayu menampilkan tarian daerah Kalimantan yang dibawakan oleh mahasiswa di sana.

Tari khas daerah Kalimantan oleh Ruhui Rahayu
Yogyakarta (20 Mei)

Tantangan beberapa chapter adalah tempat kegiatan acara. Panitia di Chapter Yogyakarta sempat dihantui rasa khawatir. Nanda Maria, koordinator SB Chapter Yogyakarta menjelaskan, “Persiapannya cukup menyenangkan ya. Kayak naik roller coaster aja”. Dari lobbying ke beberapa tempat dan gedung tetapi harga sewa yang ditawarkan mencapai puluhan juta. Hingga akhirnya menjalin kerjasama dengan BEM Sekolah Vokasi UGM.

Peserta dan Panitia bersama Founder SB
Lampung (2 Juni)

Sampailah workshop tour ini di chapter Lampung sebagai pamungkas dengan jumlah peserta terbanyak. Jika beberapa chapter bekerjasama dengan organisasi mahasiswa, lain halnya dengan Chapter Lampung. Salah satu pengurus SB Chapter Lampung, Cici, mengatakan bahwa workshop ini bekerjasama dengan pihak kampus. “Jadi dekannya nyuruh gitu biar dateng,” jelas Cici. Antusiasme mahasiswa dan dosen di Universitas Negeri Lampung yang sangat besar ditunjukkan dengan kehadiran sebanyak lebih dari 170 peserta.

Foto bersama workshop tour Chapter Lampung

Kolaborasi yang apik dan kompak antara Scholabro dengan Chapter mengantarkan para Scholarhip Hunter lebih dekat dengan mimpi mereka. Materi-materi yang dikemas dalam workshop sangat sesuai dengan yang dibutuhkan. Para peserta dihimbau untuk membawa CV dan Motivation Letter agar bisa langsung dikonsultasikan saat workshop. Selain itu, mereka juga mendapat fasilitas seperti kalender beasiswa, seminar kit, snack box, lunch box sampai mentoring online selama 3 bulan dengan variasi HTM yang dikenai sebesar Rp. 60.000-100.000 di berbagai chapter.

Kesan Peserta

Workshop Tour ini memberikan kesan positif bagi pesertanya.

Saya sangat senang bisa ikut Workshop dari Sahabat Beasiswa. Karena menurut saya sangat bermanfaat memberikan banyak informasi terutama bagi kami yang ingin melanjutkan studi baik untuk jenjang S1,S2 atau S3 ke luar negeri. Dari segi pemateripun mereka berkualitas ya….dan mampu memberikan banyak sekali tips dan trik yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita. Supaya kita tidak melakukan hal-hal yang salah dan bisa diterima beasiswa tentunya.” (Yovita, Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya, Peserta Workshop Surabaya)

Workshop Sahabat Beasiswa Chapter Kendari, benar-benar memotivasi dan menambah wawasan saya terkait belajar di luar negeri dan langkah-langkah mencapainya. Saya harap, Sahabat Beasiswa terus melakukan Workshop seperti ini, khususnya di kota-kota yang relatif tertinggal.” (Yasrin, Jurnalis, Penulis di UC News & Founder Komunitas Peduli Anak Yatim Kendari)

Terima Kasih

Semoga, kami, Sahabat Beasiswa bisa terus membantu sobat SB mewujudkan impian melalui kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat, seperti national workshop tour ini, ya!

Terimakasih kepada teman-teman chapter yang sudah berjuang menghadapi tantangan, para narasumber yang super keren, Tim Scholabro yang super gesit, Himpunan Mahasiswa dan Komunitas yang turut membantu menyukseskan acara serta sobat SB di seluruh pelosok negeri!

See you in the next agenda! Because, everyone can get scholarship!

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship