sahabat_beasiswa_Sahabat Beasiswa (SB) merupakan sebuah organisasi sociopreneur di bidang pendidikan. Berdiri sejak tahun 2012, SB semakin menunjukan kelasnya sebagai portal informasi beasiswa nomor satu di Indonesia. Banyaknya informasi beasiswa yang disediakan oleh SB serta disebarkan melalui akun sosial media SB seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, maupun melalui website resmi SB. Banyak jenis informasi beasiswa yang diberikan seperti beasiswa S1, S2, S3, summer school, beasiswa research, serta beasiswa internship. Tidak hanya itu, SB juga kerap kali mengadakan SchoTalk, sebuah seminar online yang menghadirkan para penerima beasiswa untuk berbagi kisah, motivasi serta tips bagaimana mendapatkan beasiswa.

Bergabung menjadi bagian dari tim SB banyak dinanti oleh sebagian besar pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan menjadi bagian dari tim SB ini setiap orang memiliki keuntungan yang mungkin tidak akan mereka dapatkan di bangku sekolah atau kuliah. Untuk menjadi bagian dari tim SB tidaklah mudah. Pelamar harus mengikuti serangkaian proses penyeleksian hingga akhirnya diterima menjadi bagian SB.

Proses recruitment memang satu hal yang tidak terpisahkan dan sangat krusial sifatnya untuk dilakukan oleh suatu organisasi. Pelaksanaan recruitment ini bertujuan untuk mencari dan menyeleksi sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu untuk mengerahkan segala tenaga dan pikirannya untuk membangun bersama organisasi SB ini. Tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi bagian dari tim SB dimulai dari seleksi administrasi hingga wawancara yang langsung dilakukan oleh pendiri dan pembina SB. Prosedur recruitment yang diterapkan di SB ini terbilang cukup ketat. Hanya orang-orang yang terpilih yang dapat menjadi bagian dari tim SB ini. Tercatat hanya 96 orang yang berhasil bergabung ke dalam tim SB dari total 537 pendaftar yang berasal dari 20 provinsi serta 100 universitas berbeda.

SB hadir untuk dapat membantu sebanyak mungkin pelajar-pelajar dan juga mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk bisa meraih pendidikan setinggi-tingginya tanpa terhalang oleh keterbatasan apapun. SB lahir karena adanya rasa kepedulian para pendiri SB terhadap pendidikan dan kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, para pendiri SB ingin mencari mereka-mereka yang memiliki jiwa relawan dengan kemauan yang tinggi untuk bisa berkontribusi langsung dalam membangun organisasi ini sehingga dapat mewujudkan mimpi dan tujuan dari terbentuknya organisasi ini. Kemauan dan keinginan ini tak bisa berjalan sendiri tanpa adanya kerja keras dan peran nyata, maka dari itu adanya sumber daya manusia yang dibutuhkan di SB ini haruslah yang sungguh-sunguh dapat mengimplementasikan keinginan dan kontribusi mereka sepenuhnya untuk SB. Untuk itu, komitmen dan rasa tanggung jawab sangatlah diperlukan. Ketika mimpi yang kuat timbul dari dalam diri, dari situlah akan timbul dengan sendirinya rasa tanggung jawab dan komitmen yang kuat dari dalam diri. Kejujuran, kemauan, dan keuletan menjadi kunci utama yang diperlukan untuk bergabung dengan tim SB.

Bersama SB mari membangun dan meraih mimpi dengan melawan segala keterbatasan yang ada! Kualitas seseorang tak hanya dilihat dari seberapa banyak karya yang telah dibuatnya tapi seberapa banyak karya dan mimpi mereka yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

“Kadangkala seseorang yang tak terduga lah yang akan melakukan sesuatu diluar dugaan.” – Alan Turing

(Nida/Bahar/DKSM)