Halo, Scholarship hunters! Sahabat Beasiswa Chapter Kendari telah melaksanakan Schotalk yang ke-11 pada Hari Selasa, 30 April 2019, dari pukul 19.30 – 21.15 WITA. Pada kesempatan kali ini, Sahabat Beasiswa Chapter Kendari melangsungkan diskusi via whatsapp bersama Kak Jansen Wijayanto yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Halu Oleo, Kendari.

Kak Jansen adalah mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi angkatan 2017 di Universitas Halu Oleo. Setelah melalui proses seleksi yang ketat dengan mahasiswa seluruh Indonesia, Kak Jansen berhasil menjadi salah satu awardee Beasiswa Unggulan S1 pada 2018 kemarin. Wah, selamat ya, Kak!

Apa sih Beasiswa Unggulan itu?

Program Beasiswa Unggulan adalah Beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Biro Perencanaan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) yang ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar. Sesuai tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga yang dibiayai diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Program Beasiswa Unggulan (BU) juga mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar kelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan/atau yang tinggal di daerah tertinggal (3T). Program BU terbagi atas 3 jenis, yakni beasiswa masyarakat berprestasi, beasiswa 3T dan beasiswa pegawai Kemdikbud. Nah, kemarin Kak Jansen membahas tentang beasiswa masyarakat berprestasi dan beasiswa 3T yang dikhususkan untuk S1 saja.


Jenis-jenis Beasiswa Unggulan

  1. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, beasiswa ini merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1, S2 dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan (on going) maksimal semester 2 (dua) pada saat mendaftar. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, ditujukan kepada masyarakat berprestasi di segala bidang dan tidak diprioritaskan bagi dosen.
  2. Beasiswa Unggulan 3T merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa/mahasiswa yang berasal dari daerah 3T sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019. Beasiswa Unggulan 3T dipergunakan untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan/atau Doktor (S3) pada perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B. Beasiswa ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru yang telah memiliki surat panggilan dari salah satu perguruang tinggi di Indonesia ataupun mahasiswa yang sudah on going dengan syarat maksimal berada di semester kedua.

Mengapa harus Beasiswa Unggulan?

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Kak Jansen, Beasiswa Unggulan (BU) ini tidak memiliki kuota pasti yang ditentukan oleh Kemdikbud, mengapa? Karena besaran dana BU ditentukan pula oleh pihak Kemenkeu dan BLKLN. Jadi, jika Kemenkeu ada dana berlebih/tersisa maka besar kuota BU akan ditambah, juga sebaliknya. Jadi, jangan heran nih kalau ada awardee yang tidak lolos namun dipanggil kembali untuk menandatangani kontrak alias diloloskan.

benefit

Nah, kalau menjadi penerima BU apa sih yang bisa kita dapatkan? Kata Kak Jansen, kita akan mendapatkan 3 biaya pokok sebagai awardee BU, yaitu biaya kuliah (SPP/UKT), biaya hidup serta biaya buku, dan itu semua akan diberikan kepada awardee sampai selesai masa studinya (Maksimal semester 8). Keren ya? Lumayan nih, bisa bantu meringankan beban orang tua. Jangan lupa daftar beasiswa ini, ya!

Tips and Trick untuk ikut Beasiswa Unggulan

Jika kalian ingin ikut seleksi Beasiswa Unggulan, nih ada sedikit tips and trick ala Kak Jansen:

  1. Pertama, teman-teman harus memiliki niat dan kemauan yang kuat dulu untuk mendaftar BU dan beasiswa-beasiswa lainnya.
  2. Kedua, kenali lebih dalam apa sebenarnya BU itu, tujuannya untuk apa, dan sebenarnya untuk siapa.
  3. Siapkan kelengkapan berkas-berkas (hard and soft file) jauh-jauh hari. Ingat, harus lengkap!
  4. Pastikan semua data-data dan berkas teman-teman valid dan benar adanya.
  5. Daftar dan jangan malas, ya!!!
  6. Selalu percaya diri, optimis, namun tetap rendah hati. Jangan over juga, ya.

Ada lagi nih, kata Kak Jaksen kalau bikin essay harus berani out of the box, harus kulik dari sisi lain yang unik dan beda tapi harus tetap berkorelasi dengan tema, ya. Dan yang terpenting adalah kejujuran yang tertuang dalam tulisan essay-nya.

Closing Statement

Nah, untuk mendapatkan sebuah beasiswa bukanlah hal yang mudah, terlebih jika kita harus bersaing dengan ribuan orang kan? pesan dari Kak Jaksen, Enjoy the process. Jangan takut gagal jadi coba saja dan berusaha yang terbaik ya. Untuk Beasiswa Unggulan sendiri, memiliki kriteria persyaratan yang berbeda tergantung pada beasiswa apa yang hendak dipilih dari 3 beasiswa yang tersedia, informasi lengkapnya bisa diakses di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship