Seperti yang kita ketahui bersama, kemarin pada hari Sabtu (10/3), Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) menggelar acara Sarasehan Nasional 2018 untuk pertama kali di Indonesia. Sarasehan Nasional 2018, yang selanjutnya disingkat SN2018, adalah suatu kegiatan untuk memperingati satu dekade bakti PPI Dunia serta meningkatkan peran aktif PPI Dunia dalam proses pembangunan yang berkesinambungan di Indonesia. Kegiatan ini memfasilitasi pertemuan antar elemen bangsa dalam diskusi konstruktif yang membahas isu-isu pembangunan terkini.

Suasana Sesi Pembukaan Sarasehan Nasional 2018

Diselenggarakan di gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Senayan, Jakarta, SN2018 disambut baik dan sangat antusias oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, guru, khalayak umum hingga Staf Kementerian. Terbukti hampir 1000 orang menghadiri berbagai acara yang disuguhkan dalam SN2018 yang berlansung dari pagi hingga sore hari. Menariknya lagi, suatu kehormatan, karena Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Baswedan, Ph.D, turut menghadiri dan membuka acara akbar pertama PPI Dunia ini. Selain itu juga ada Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Hilman Farid yang memberikan keynote speech.

Sumber : instagram @sarasehan2018

Setelah sesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi main panelis oleh Dr. Dino Patti Djalal (Founder Founder Foreign Policy Community of Indonesia), Miftah Nur Sabri (Founder & CEO PT. Selasar Indonesia) dan Pandu Utama Manggala, M.A., M.Dipl (Koordinator PPI Dunia 2018-2019) yang dimoderatori oleh Andy F. Noya (presenter senior).

 

Sumber : instagram @sarasehan2018

Kegiatan SN2018 yang diketuai oleh Michael C. Siagian (PPI Tiongkok) ini menyajikan diskusi panel dengan tema-tema tertentu yaitu panel pendidikan, panel insfrastruktur, panel ekonomi, dan yang terakhir panel kesehatan. Tentunya dengan menghadirkan narasumber dan moderator yang kece-kece. Tidak hanya menyimak, para audiens dapat langsung bertanya jawab dengan narasumber. Di akhir sesi diskusi panel, ada hadiah menarik bagi audiens yang aktif berpartisipasi. Seru, kan? 😀

Suasana Expo Sarasehan Nasional 2018

Selain diskusi panel, SN2018 menghadirkan booth sponsorship. Di antara booth-booth tersebut, ada Sahabat Beasiswa lho. Termasuk di dalamnya ada 28 booth PPI Negara, Radio PPI Dunia, Shopee, Polygot Indonesia, dan Tamasia. Banyak juga yah! 😀

Booth PPI Negara

Di akhir acara, ada sambutan dari H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. lho. Beliau menyampaikan harapan-harapannya terhadap PPI Dunia, memberikan kuis dan menutup acara SN2018. 

Foto Bersama Pengurus Sahabat Beasiswa

Pesan Pak Anies Baswedan untuk seluruh sobat SB di manapun berada,

1. Ikuti acara-acara yang melibatkan orang luar
2. Pilih jurusan/ilmu yang unik atau yang belum banyak diambil masyarakat Indonesia
3. Tulis tentang Indonesia di tempat Anda belajar, maupun sebaliknya.
4. Kuasai bahasa tempat Anda belajar tanpa melupakan bahasa Indonesia.

Jangan lupa Indonesia, ya Sobat SB! 🙂

Sampai jumpa lagi!

Now, everyone can get scholarship

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship