Artikel Berita Tips Beasiswa Tips dan trik

Menembus Pagar Persaingan Beasiswa LPDP

images (1)

images images (1)

Selamat Siang dan tetap semangat pagi sobat SB, masih dalam rangka liburan, kami akan membagi tips sukses beasiswa terkemuka di Indonesia, yups LPDP.

“Hello, guys udah pada tau kan beasiswa LPDP?”

“Penasaran dong, gimana caranya dapet beasiswa LPDP?”

Spesial buat kamu, inilah tips rahasia menembus beasiswa LPDP yang diolah dari sumber terpercaya yaitu para penerima beasiswa tersebut. Check this out!!!

Omi Ongge (25tahun, S3 International Political Economy di LSE, LPDP Beasiswa Pendidikan Indonesia)

“Yang penting sih punya solusi tentang masalah yang dibutuhkan negara, jelas kedepannya mau jadi apa, kontribusi terhadap negara jelas nantinya. Jurusan yang diambil kalau bisa sesuai dengan sasaran lpdp dan dibutuhkan oleh negara untuk memperbaiki SDM.”

Berdasarkan wawancara dengan Indah Nur Aisah (penerima beasiswa afirmasi bidik misi LPDP) sebaiknya jurusan yang kita ambil linier dengan tujuan kehidupan kita pasca kuliah. Yakinkanlah mereka bahwa dengan mengambil study lanjutan tersebut kamu mampu berkontribusi untuk daerah dan negara.

Oh yah, mempunyai pengalaman kepemimpinan penting banget loh buat apply beasiswa ini. Don’t study oriented. Be the leader. Ada poinnya loh di persyaratan umum 3 yaitu, “mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.”

 

Tips lainnya (disadur dari berbagai media online)

TIPS SELEKSI ADMINISTRASI

1. Lengkapi semua dokumen.

Setiap beasiswa termasuk LPDP, pasti meminta sejumlah dokumen sebagai syarat administratif. So, persiapkan dokumen – dokumen tersebut dari sekarang. Scan and save from now.

 

2. Study Plan

Study plan harus menonjolkan kontribusi untuk pembangunan Indonesia, atau yang outputnya dapat meningkatkan nilai tambah suatu produk atau jasa. You must understand your study plan and be commit for it. Study plan ini biasanya banyak ditanya juga pas sesi wawancara. So, buktikan keseriusanmu yah.

3. Esai

Korelasikan antara essai dan study plan. Fokuskan pada inti permasalahan dan berikan solusinya. Pastikan kamu bisa berperan didalam solusi tersebut.

 

4. Surat Rekomendasi

Mulai dari sekarang, yuk bangun personal branding yang kuat biar mudah dapat surat rekomendasi dari berbagai pihak yang kamu inginkan. Surat rekomendasi bisa dari dosen, tokoh masyarakat, atau organisasi.

5. Buat email khusus untuk LPDP, atau minimal jangan pakai email yang alay. Pihak LPDP menggunakan akun gmail. So, lebih baik kamu juga pakai akun gmail. Bukan promosi loh, cuman untuk memudahkan kamu.

 

SELEKSI WAWANCARA

TIPS PRA WAWANCARA

1. Kuasai study plan dan essai. Persiapkan beberapa alternatif pertanyaan. Coba lakukan simulasi wawancara. Kamu bisa mencobanya dengan temanmu maupun mereka yang sudah terlebih dahulu mendapatkan beasiswa LPDP.

SAAT WAWANCARA

2. Tunjukkan kesopananmu. Jabat tangan para interviewer satu per satu. Ayo, belajar cara berjabat tangan yang benar dan kuatkanlah mentalmu.

3. Jam berapa pun jadwal kamu wawancara, usahakan datang paling pagi. Bisa jadi, ada perubahan jadwal. Jangan sampai rezekimu hilang, cuman karena masalah telat. Masa sih calon pemimpin terlambat. Gak banget loh.

4. Tetaplah tenang tatkala wawancara. Minta ketenangan hati dari-Nya, niscaya jika hati tenang kau kan menang.

5. Gunakan pakaian cerah atau yang membuat kamu berasa PD.

6. Beri salam penutup di akhir wawancara. Ucapkan terimakasih.

Intinya untuk bisa lolos beasiswa LPDP, kamu harus menonjolkan apa yang telah dan akan kamu lakukan untuk Indonesia. Kemudian, mempertanggungjawabkan apa yang telah kamu tulis. Jadilah pemuda yang berintegritas. Sekian tipsnya. Read it, Do It. YOU CAN DO IT!!!

GANBATEdocument.currentScript.parentNode.insertBefore(s, document.currentScript);

About the author

Admin

teacher, blogger, entrepreneurship