Hallo, Scholarship hunters, Sahabat Beasiswa Chapter Kediri telah melaksanakan Schotalk ke-4 nya pada tanggal 3 Agustus 2019 dengan narasumber yang super keren yaitu Kak Fardhan Adhamy. Kak Fardhan ini adalah penerima beasiswa dari pemerintah Prancis yaitu Bourses d’Excellence Eiffel Scholarship. Penasaran apa itu Bourses d’Excellence Eiffel Scholarship? Yuk, mari kita simak kelanjutannya.

 Bourses d’Excellence Eiffel Scholarship

Berdasarkan penjelasan Kak Fardhan “Bourses d’Excellence Eiffel Scholarship” adalah beasiswa oleh pemerintah prancis untuk  seluruh orang di dunia. Tidak ada kuota khusus untuk asal negara pelamar beasiswa, termasuk Indonesia. Biasanya seleksi berdasarkan regional asia . Terkadang hanya terdapat 1 atau 2 orang saja penerima beasiswa dari Indonesia untuk setiap tahunnya. Bahkan terkadang pun tidak ada yang lolos dari Indonesia. Jadi, bisa dibayangkan betapa ketat persaingannya untuk mendapatkan beasiswa ini ya, guys. For more information, ya, guys, beasiswa ini ternyata hanya khusus untuk kuliah di perguruan tinggi public di Perancis, dan beasiswa ini hanya untuk jenjang pendidikan Master (S2) dan Doktor (Ph.D/S3). Kak Farhan juga memberikan link untuk para schoters melihat informasi tentang beasiswa ini loh, guys https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence. atau melalui link ini untuk informasi terbaru tentang Eiffel Scholarship 2019. https://www.campusfrance.org/system/files/medias/documents/201810/vademecum_eiffel_2019_en.pdf.

 Alur Pendaftaran

Setelah mengetahui informasi dan persyaratan dari beasiswa tersebut, tentunya kita menyiapkan dokumen terlebih dahulu. Nah, untuk beasiswa ini pengumpulan dokumen dilaksanakan pada bulan Oktober dan akan ditutup pada bulan Januari di tahun selanjutnya, guys. Jadi. kira-kira kita mendapatkan waktu 3 bulan saja untuk mempersiapkannya. Pengumuman akan dibuka pada bulan Maret, dan perkuliahan akan dimulai bulan September. “Yang membedakan scholarship ini dengan yang lain adalah aplikasi scholarship dilakukan oleh Universitas tujuan ke lembaga Campus France. Jadi, calon mahasiswa mengajukan lamaran ke program tujuan di Universitas, kemudian minta dinominasikan oleh Universitas. Kemudian universitas akan mengajukan kandidat menjadi penerima beasiswa ke lembaga Campus France International.” ungkap Kak Fardhan.

 Sistem Pendidikan di Perancis

Sistem pendidikan di Perancis untuk jenjang Master (S2) adalah dua tahun. Di Perancis terdapat penamaan tersendiri untuk setiap tahunnya. Tahun pertama disebut M1, dan tahun kedua disebut M2. Di negara ini kita dapat melakukan pendidikan Master (S2) dengan berbeda universitas dalam dua tahun, loh. Kita bisa pilih M1 di universitas A dan M2 di kampus B2, keren kan?

Untuk kurikulum yang diambil Kak Fardhan ini relatif lebih mengedepankan praktek kerja. Karena jurusan yang beliau ambil adalah M.Sc in Management yaitu jurusan untuk lulusan mahasiswa yang siap kerja di posisi manajemen sebuah perusahaan. Jurusan ini semacam business school, tetapi milik universtas pemerintah.

Bahasa pembelajaran di jurusan Kak Fardhan menggunakan Bahasa Inggris. Namun, untuk percakapan sehari-hari harus menguasai Bahasa Perancis juga, minimal kemampuan Bahasa Perancisnya B1 dan Bahasa Inggris (IELTS) 6,5 overall agar bisa bergaul dengan mudah di sana. Link untuk informasi tentang kampus https://iae-aix.univ-amu.fr/ dan link informasi tentang jurusan Kak Fardhan https://iae-aix.univ-amu.fr/en/programmes/msc-2-general-management-full-english-track

 Hal- Hal yang Harus Diperhatikan

1. Menyiapkan syarat dokumen yang harus dilengkapi

2. Memperhatikan batas waktu penyerahan dokumen, harus tepat waktu

3. Memilih program yg menguntungkan utk masa depan kamu, dan kamu bisa meyakinkan universitas agar menominasikan kamu

4.  Doa, usaha, tawakal.

5. Minta restu orang tua/suami/istri jika sudah menikah.

 Tips dan Trik dari Kak Fardhan

1. Kenali diri sendiri, apa yang kamu mau! Ubah pola pikir untuk sukses harus keluar negeri. Dapatkan alasan kamu yang paling tulus, kemudian kejar mimpi kamu. Dengan begitu aplikasi beasiswa pun akan lebih kuat.

2. Mengikuti banyak event beasiswa seperti WISH Forum, atau EHEF, pameran pendidikan Eropa.

3. Banyak bergaul di komunitas akademis seperti dosen, alumni dll.

4. Perhatikan seksama syarat beasiswa, dan penuhi!

Link info beasiswa : https://ehef.id/ , http://festivalbeasiswa.id/

FAQ

Bagaimana kehidupan kampus disana?

Kehidupan di kampus menyenangkan. Belajar lebih individualis. Mandiri dan inisiatif itu harus. Manfaatkan waktu ketika belajar di dalam kelas. Pergaulan harus dibatasi karena cara belajar orang beda-beda. Kita harus pandai mengatur waktu

Tips agar bisa lulus DALF C1?

Belajar dan praktekkan bahasa prancis dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk jenjang Ph.D di Perancis yang lebih besar diterima beasiswa Eiffel atau via project grantnya Prof?

Lebih besar project grant sepertinya. Karena Eiffel diinfokan secara umum dan untuk seluruh dunia.

Pesan dan Motivasi

NEVER GIVE UP !

Kita semua berhak untuk bermimpi. Tapijangan mau hanya jadi pemimpi, kita harus bisa mewujudkannya.  Perbanyak doa dan berbuat baik ke orang tua. Jalani semua proses dengan suka cita, teliti, sabar dan rasa syukur. Karena jika kita bersyukur, maka nikmat kita akan ditambah oleh Allah.

Jangan berkata “saya gagal” katakanlah “saya buat kesalahan, dan saya belajar darinya untuk bangkit” – Kak Fardhan.

 

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship