Artikel Chit-Chat Infografis Profil Inspiration Testimonial Tips dan trik

Kuliah di Universitas Kairo, dan Cerita Selama di Mesir dari Fuji Kusuma

Kuliah di Universitas Kairo, dan Cerita Selama di Mesir dari Fuji Kusuma
Sobat SB ini ada sharing pengalaman dari kakak fuji kusuma yang sedang kuliah di universitas al-Azhar Kairo, Mesir. Kita dengar bareng yuks ceritanya.
Perkenalkan, saya Fuji Kusuma Adynata, asal dari Bengkulu, dan kuliah di jurusan Sejarah Islam di Universitas Kairo, Mesir.
Mengapa memilih Mesir sebagai  kota tujuan? Karena  mesir  merupakan impian saya sejak  saya duduk di kelas 3 tsanawiyah (SMP). Saya banyak diceritakan oleh guru-guru saya yang tamatan Mesir. Guru-guru saya menyarankan untuk meneruskan studi di Al-Azhar.
Saya buktikan apa yang dikatakan guru-guru saya itu benar sekali, kalau Mesir salah satu negara yang cocok untuk menuntut ilmu. Alasannya banyak  faktor, salah satunya faktor lingkungan yang sangat mendukung untuk belajar, karena mayoritas teman-teman yang merantau di sini niatanya untuk menimbah ilmu di Al-Azahar. Di samping itu, mahasiswa asing yang terbesar di belahan dunia semua berkumpul di Mesir. Jumlah WNI yang belajar di Mesir sendiri kurang lebih ada 6 ribu jiwa. 
Sejak  berdiri, studi di Al-Azhar selalu terbuka untuk semua pelajar seluruh dunia hingga sampai sekarang. Azhar sendiri sampai sekarang memiliki lebih dari 50 fakultas dan memiliki cabang- cabangnya di berbagai propinsi di Mesir seperti di Thanta, Manshuro, Zaqaziq, Asyut, Dimyat, baik fakultas umum dan agama yang jumlah angka mahasiswanya lebih dari 250 ribu mahasiswa.
Saya pribadi mengambil fakultas Bahasa Arab jurusan Sejarah. Biaya kuliah di Universitas Al-Azhar sangat  murah dan terjangkau, per tahunnya hanya membayar 150.000,00 dan biaya hidup sangat murah. Uang 1000.000 sudah sangat cukup sekali hidup di Negeri Kinanah ini. Dengan pengajar yang profesonal yang semua pengajarnya sudah mengenyam pendidikan S3, dan guru- guru besar yang menekuni di bidangnya masing-masing, itulah poteretan Azhar yang tegar samapai sekarang.
Bagaimana sih cara mendaftar ke universitas di Mesir, apakah kita bisa melakukan pendaftarannya sendiri?
Setiap tahun ada perubahan, sejak tahun ajaran 2006-2007 setiap lulusan Madrasah Aliyah (MA) atau SMA yang ingin melanjutkan studinya di mesir bisa mengikuti ujian seleksi yang diadakan  kementrian Agama  Indonesia (DEPAG), dan sejak tahun 2007-2009 yang mengadakan tes ke Mesir ada 2 tempat. Yang pertama dari Kementerian Agama, yang kedua dari Kedutaan Mesir yang ada di Indonesia yang langsung dites dari utusan Azhar yang menyeleksinya.
Dan tahun 2009-2014 yang mengadakan tes ada dari pihak agama dan juga dari pihak Kedutaan Mesir yang ada di Indonesia. Mahasiswa yang berhasil lulus tes dari Indonesia, akan di tes lagi di Mesir sebelum masuk universitas Al-Azahar Mesir. Kalo lulus berhak untuk menjadi mahasiswa baru universitas Al-Azhar, dan kalo tidak lulus diberikan kesempatan  untuk sekolah mempersiapkan bahasa selama 1 tahun (daurohl lughoh). Lebih jelasnya bisa dilihat di webnya DEPAG.
Apa saja Tips untuk beradaptasi dan persiapan di sana ?
Persiapan kesehatan, bahasa Arab dalam komunikasi dan baca kitabnya, hafalan al-Quran minimal 8 juz. Dan pelajari sedikit tentang budaya di Mesir biar kita tidak kaget dengan budaya dan cuaca ketika di Mesir.
Setibanya di Mesir yang harus diperhatikan: belajar  budaya, bahasa, cuaca mesir dan cari teman Indonesia dan Mesir yang baik dan semangat, punya target yang jelas dan lakukan dengan istiqomah.
Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Salam

} else {

About the author

Admin

teacher, blogger, entrepreneurship