Foto kegiatanFoto bersama seusai kopdar #4 sahabat beasiswa Chapter Jogja (10 Januari 2016)

Sahabat beasiswa “SB” chapter Yogyakarta sebagai chapter pertama SB telah berhasil mengajak mahasiswa dan civitas akademia Jogja untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar beasiswa. Dalam mewujudkan jargonnya “Now, everyone can get scholarship!”, SB chapter jogja kembali mengadakan Kopdar #4 yang diikuti oleh 32 scholarship hunter. Kali ini Kopdar diisi oleh Janu Muhammad, S.Pd yang telah menorehkan banyak sekali prestasi, antara lain awardee beasiswa LPDP 2015, Young Leaders for Indonesia 2015, Youth Adventure and Youth Leader Forum 2014, Indonesia Mengglobal Mentorship Program 2015, dan Pemuda Pelopor DIY 2015.

Inisiator Rumah Baca Karung Goni ini memulai presentasinya dengan menceritakan latar belakang keluarganya hingga tips dan trik untuk meraih prestasi, beasiswa, serta berbagai kegiatan exchange yang pernah ia ikuti. Salah satu kunci untuk menjadi seorang yang berhasil menurutnya ialah menjadi yang “paling”. Paling beda, paling baik, dan paling utama!

Jangan pernah berfikir untuk menjadi orang lain!

Buat jejak Anda sendiri dan buat orang lain terinspirasi ~Janu Muhammad~

Pria yang akrab dipanggil Mas Janu ini juga memberikan beragam informasi kegiatan exchange dan beasiswa kepada audience secara detail, mulai dari beasiswa LPDP, Indonesia Mengglobal (IM), Young Leaders Indonesia (YLI), Gerakan Mari Berbagi (GMB), serta Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI). Oleh karena beliau akan mengikuti exchange program ke Arizona State University, Amerika ia membagi tips meraih berbagai kesempatan exchange program yang sebenarnya juga tips melamar beasiswa LPDP, sebagai berikut:

  1. Niat yang lurus
  2. Setiap exchange program/ beasiswa memiliki tujuan spesifik, maka pahamilah. Apakah kita layak mendapatkannya?
  3. Persiapan itu sangat penting
  4. Legkapilah berkas yang diminta seperti: formulir, cv, esai, surat rekomendasi, sertifikat Bahasa Inggris, dll. Informasi semua syarat sudah ada di website.
  5. Be honest, jujurlah ketika menjalani semua proses.
  6. Mintalah senior untuk mereview aplikasi kita sebelum dikirim.
  7. Kjontribusi di organisasi/ komunitas/ masyaraat menjadi sangat penting, disamping ada kemampuan Bahasa Inggris yang baik.
  8. Jalani proses dengan kesabaran, banyaklah latihan sebelum wawancara.
  9. Doa dan restu orang tua sangat menentukan kesuksesan usaha kita.
  10. Lolos/belum, Anda telah berhasil mengalahkan rasa malas untuk mencoba. Maka, Pantang Menyerah!

Acara menjadi semakin seru ketika awardee beasiswa LPDP 2015 jurusan Human Geography and Planning, Utrecht University ini memaparkan esainya ketika mendaftar berbagai kegiatan exchange, yang katanya tidak sembarang orang boleh meng-copy nya untuk menjaga orisinalitas esai si Calon pendaftar. Audience terlihat antusias ketika pembicara memaparkan berbagai keuntunga yang ia dapatkan dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan, ditandai dengan munculnya banyak pertanyaan di akhir sesi.

Rezeki yang telah kita dapatkan di dunia ini bukanlah karena kebetulan semata. Ia datang karena anugerah Yang maha Kuasa sebagai buah manis dari usaha serta doa kita.~Janu Muhammad~

Icha, ketua Sahabat Beasiswa chapter Jogja mengatakan, “kegiatan semacam ini tetap akan dilakukan oleh SB chapter Jogja untuk memfasilitasi para scholarship hunter dan juga sebagai partisipasi Sahabat Beasiswa untuk memajukan pendidikan di Indonesia.”

Kopdar #4 ini ditutup dengan pemberian dorprize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari Mas Janu. Dorprize berupa Atlas Beasiswa, yang merupakan program unggulan Sahabat Beasiswa untuk memudahkan scholarship hunter melakukan pencarian beragam beasiswa di seluruh negara. Tak ketinggalan, di akhir acara dilakukan foto bersama pembicara. (Rita)