Konsulat Jenderal Australia di Surabaya turut membuka “Top Universities Australia: Application Day”

Sabtu, 07 Oktober lalu AUG Surabaya sukses menggelar event pameran pendidikan “Top Universities Australia: Application Day“. Sebagai agen konsultasi pendidikan, AUG memberikan pelayanan kepada student terkait perkuliahan di luar negeri yang fokusnya untuk negara Australia, mulai dari pendaftaran universitas, akomodasi, hingga gathering bersama students lainnya yang bergabung dengan AUG baik dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Hongkong, Filipina dan lain-lain. Gathering yang dimaksud adalah seperti party barbeque, buka puasa bersama, christmas party, dan lain-lain.


Acara yang berlokasi di ruangan lemongrass Four Points by Sheraton itu dihadiri oleh Konjen Australia di Surabaya, Mr. Chris Barnes. Dimulai dengan intimate lunch dengan pihak AUG, dilanjut speech pembukaan pada pukul 12.45 WIB, potong pita, dan foto bersama. Mr. Chris Barnes nampak menikmati tiap acara tersebut. “A very short visit. Sebuah kebetulan last minute sih,” jawab Team Leader, Dony Vernianto, saat ditanya mengenai kehadiran Konjen Australia tersebut. Karena Konjen Australia di Surabaya baru buka, bisa dikatakan ia bergerilya acara yang berhubungan dengan Australia. Hingga suatu saat ketika melihat poster event ini, Mr. Chris mengatakan keinginannya untuk datang.

Agenda tahunan yang wajib ada di semua AUG di berbagai negara ialah study fest, dan top university Australia. Program study fest yaitu pameran expo yang fokusnya lebih general. Bisa dari UK, US, atau negara-negara lainnya, tidak terbatas Australia. Biasanya study fest diselenggarakan di awal tahun, sedangkan top university Australia diselenggarakan pada bulan Oktober-November.

 

Sebagai AUG paling tua, AUG Surabaya (16 tahun), peserta event top rank universities Australia dari tahun ke tahun jumlahnya makin banyak. Kemarin (07/10) sebanyak 300 lebih peserta menghadiri acara ini. Motif peserta yang hadir pun beragam seperti orangtua yang mengantarkan anaknya untuk mendaftar kampus pilihan, para siswa, mahasiswa, dan orangtua yang berburu informasi dan berkonsultasi langsung dengan pakarnya, serta mendaftar program perkuliahan tahun 2018. Adapun stan kampus/lembaga yang memeriahkan event ini yaitu:

1. University of Western Australia
2. IALF
3. The University of Sydney
4. Monash University
5. University of Adelaide
6. University of Queensland
7. University of New South Wales Sydney
8. AUG Student Service

Pelayanan konsultasi pendidikan luar negeri bersama AUG tidaklah dipungut biaya. Student diberikan kewenangan penuh untuk mengurusi biaya perkuliahan, visa, asuransi, tiket, dan sebagainya. AUG hanya memberikan arahan atau briefing kepada student kemana harus membayar. Bahkan jika ada orangtua yang ingin mentracking dimana keberadaan anaknya di luar negeri, AUG akan membantu mentracking student. “Mulai masalah homesick, kredit ga bisa ditransfer, masalah uang, pindah universitas lain karena ga betah,” begitu jelas pak Dony.

Meskipun telah dijadwalkan berakhir pada pukul 17.00 WIB, animo masyarakat masih terlihat luar biasa, peserta pun masih berdatangan mendaftar di meja registrasi.