Kini Menuntut Ilmu di USA bukan Sekedar Mimpi Lagi. Ini 4 Kunci Sukses Beasiswa IELSP yang Siap Menghantarkan Impianmu!

United Stated of America (USA), sebuah negara dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, kemasyhuran engineer dan scientist nya yang tidak perlu diragukan lagi. Negara dengan gaya hidup modern,  semangat yang tinggi, fasilitas yang terpenuhi dan menjadi salah satu negara yang selalu menjadi impian bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk melanjutkan studi nya.

Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan  oleh negara maju satu ini, salah satunya adalah beasiswa IELSP. Berikut tips sukses meraih beasiswa IELSP bagi teman-teman yang memiliki niat kuat untuk mendapatkan kesempatan belajar di negara maju ini. Berikut ulasan tips nya.

Bulatkan niat.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah bulatkan niat dan perkuat, selain itu  Anda perlu meminta doa kepada orangtua agar Allah memperkuat dan mempermudah langkah.  Setelah bulatkan dan perkuat niat, maka Anda harus bisa fokus pada diri sendiri, bukan pada orang lain. Jangan melihat seberapa banyak orang yang bersaing denganmu untuk mendapatkan satu posisi, tapi lihat dan perbaiki saja kualitas diri Anda!

 

Membagi informasi.

Langkah selanjutnya adalah membagi informasi kepada seluruh komunitas yang Anda terlibat di dalamnya. Mungkin terlihat aneh,  Anda ingin menang tapi Anda malah membagi informasi beasiswa ini kepada orang lain ini sudah pasti akan menambah jumlah saingan Anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Tapi tidak ada salahnya bila Anda berbagi, hal ini akan bisa menjadi penyemangat bagi diri Anda sendiri untuk merealisasikan rencana yang telah dibuat. Karena seringkali manusia lupa rencana jika tidak ada tekanan yang memaksa untuk melakukannya.

 

Jangan menunda-nunda.

Tips selanjutnya adalah jangan menunda-nunda menekan keyboard agar formulir dan dokumen-dokumen lain dapat terisi sesegera mungkin. Menunda mengisi formulir sama saja menunda keberhasilan karena semakin cepat formulir terisi, semakin luang waktu kita untuk memeriksa kembvali ini formulir tersebut.

Mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengisi formulir tersebut, karena pengisian formulir mensyaratkan penggunaan Bahasa Inggris, dan sebisa mungkin meminimalisir kesalahan grammar dan kosa kata. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan isi gagasan, singkat, padat dan jelas.

Sembari menunggu selesainya pengisian berkas, jangan membuang waktu, manfaatkan waktu yang ada untuk Anda menyiapkan surat rekomendasi terlebih dahulu kepada dosen yang kita kenal, dosen pembimbing Tugas Akhir atau dosen wali. Perlu diingat pula, walaupun surat rekomendasi yang diminta hanya 1, namun tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan lebih dari 1 surat, karena surat rekomendasi ini menjadi aspek penting dalam faktor kelulusan beasiswa.

 

Percaya diri.

Bila semua formulir dan berkas telah siap dan dikirim, tahap selanjutnya adalah wawancara. Bila Anda lolos tahap pertama, Anda akan menghadapi tahap wawancara, yang perlu anda miliki adalah PERCAYA DIRI. Bagaimana agar Anda memiliki sikap percaya diri? Anda harus bisa lebih tenang terlebih dahulu sebelum mengikuti wawancara. Tarik napas dalam-dalam dan hilangkan semua masalah dalam pikiran. Fokus kepada pertanyaan dan jangan menjawab melenceng dari pertanyaan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dibagikan kepada Anda yang memiliki target meraih beasiswa IELSP di USA ini. Jangan lupa untuk sertai doa dalam setiap usaha, Tuhan yang membolak-balikkan hati manusia. Semoga impian, doa dan niat Anda tercapai. Untuk cerita lebih lengkapnya bisa Anda akses di

motivasibeasiswa.org/2013/12/31/nur-muhammad-malikul-adiltips-sukses-beasiswa-ielsp/ 

 d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);