Apa Itu Beasiswa Djarum?

Teman-teman sudah tahu belum, apa itu Program Djarum Beasiswa Plus? Program Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa prestasi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki kerja sama (bermitra) dengan Djarum Foundation.

Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali dengan kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik. Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

Salah satu awardee/beswan Djarum adalah Claudia Hapsari (Ody). Nah, Kak Ody ini merupakan mahasiswi Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian dari Universitas Jenderal Soedirman.

Pada Djarum Beasiswa Plus dengan selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skill guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai keterampilan lunak (soft skill) yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada. Melalui pembudayaan dan pemberdayaan para penerima program Djarum Beasiswa Plus ini, rangkaian pelatihan tersebut dimaksudkan guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skill) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai keterampilan lunak (soft skill) yang diperoleh dari program ini. Tujuannya agar Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional.

Lebih dari 10.820 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program beasiswa ini. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 121 perguruan tinggi unggulan di 34 provinsi di Indonesia. Ini menjadi sebuah bukti keseriusan Djarum Foundation dalam komitmennya membangun bangsa melalui pendidikan.

Alasan Memilih Beasiswa Djarum Plus

Alasan Kak Ody mengapa memillih Beasiswa Djarum karena dari awal SMA sudah sering melihat iklan Djarum di tv dan beberapa baliho jalan raya. Sepertinya menarik. Jadi, dari awal pengumuman diterima kuliah,  Kak Ody sudah berdoa supaya bisa mendapatkan Beasiswa Djarum. “Jika ditanya kenapa itu karena dulu awal tau Djarum itu karena terkenal sama program – program yg ada didalamnya, dan juga bisa banget untuk nambah temen baru, bisa jalan-jalan juga, dapet uang/finansial. Jadi, komplit pokoknya dapat semuanya. Dan pengalaman ini adalah once life time experience karena kita cuman punya satu kali kesempatan buat daftar Beasiswa Djarum saat berada di semester 3 jadi wajib banget dicoba untuk daftar.” tuturnya saat mengisi materi di Schotalk #17 Sahabat Beasiswa Chapter Purwokerto (12/02).

Berikut alasan kenapa kita harus daftar Beasiswa Djarum:

1. Once Lifetime Experience

Pendaftaran Beasiswa Djarum hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang berada di semester 4 (dengan IPK akhir semester 1-3), sebelum atau sesudah semester atau waktu itu sudah tidak boleh ikut lagi, “Jadi mau ga mau, takut ga takut, pede ga pede kudu dicoba karena bener-bener ga datang dua kali kesempatanya.” kata Kak Ody.

2. The Coolest Scholarship Ever!

“Ini sih pendapat  pribadi ya hihi dan mungkin kalau kalian ada diposisiku pasti bakal punya opini yg sama. Ya selain karena branding-nya yang bagus dan cara promosinya yang ga tanggung-tanggung, tapi kegiatan didalem dan selama dapet beasiswa juga mantap banget, gak setengah-setengah dan worth it banget! Bener-bener beasiswa yang merubah mind set para penerimanya bahwa beasiswa tidak hanya uang atau finansial, tapi juga dapat diberikan tambahan atau additional things seperti kegiatan-kegiatan pendukung para penerima untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dirinya. Makanya, beasiswa ini disebut Djarum Beasiswa Plus karena emang dapet plus banyak. Jadi, selama jadi awardee atau biasa disebut Beswan, kita ini wajib mengikuti beberapa kegiatan dan itu seru banget! Mulai dari Character Building, Leadership Development dan Nation Building. Selain kegiatan wajib diatas, ada juga kegiatan non wajib seperti Vlog & Writing Competition, Community Empowerment dan International Exposure.” ungkap Kak Ody.

Nah,  itu dia alasan kenapa Kak Ody memilih untuk mendaftar Beasiswa Djarum. Untuk info lebih lanjut bisa langsung buka web resminya di www.djarumbeasiswaplus.org.

Kegiatan Beasiswa Djarum

Salah satu dokumentasi foto kegiatan Beasiswa Djarum Foundation

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selama menjadi Beswan Djarum  Kak Ody mendapatkan banyak manfaat selain secara finansial. Juga manfaat berupa berbagai kegiatan yang menarik hingga teman baru dari berbagai universitas di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan – kegiatanya berkaitan dengan peningkatan soft skill para awardee yang dikemas semenarik mungkin dan terbagi menjadi beberapa kegiatan yaitu kegiatan wajib dan non wajib. Kegiatan wajib dibagi dalam tiga rangkaian:

Pertama, Character Building yaitu kegiatan pembentukan karakter para Beswan Djarum dengan sistem semi militer yang pastinya seru banget karena kegiatan ini mendorong para beswan untuk aktif dan menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan dan sesama. Ini adalah kegiatan pertama yang diikuti setelah diterima menjadi Beswan Djarum dan kali pertama juga bertemu teman-teman baru sesama beswan dari universitas lain.

Kedua, Leadership Development yaitu kegiatan yang memfokuskanpara Beswan Djarum dalam peningkatan soft skill berupa Public Speaking, Writing Skill, Motivation, Passion, Vision, Setting Goals dan lainnya yang langsung dipandu, dijelaskan dan diarahkan oleh para ahli di setiap bidang. Jadi, proses kegiatan ini pun berjalan secara maksimal sehingga memudahkan tercapainya out put dari kegiatan tersebut. Setelah mengikuti kegiatan tersebut awardee akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan mengenai bagaimana cara berbicara di depan umum dengan baik dan benar, bagaimana cara menulis, dan memotivasi diri sendiri hingga orang lain dan yang lainnya.

Ketiga, Nation Building, pada dua rangkaian wajib sebelumnya setiap awardee di plotting pada batch tertentu. Sehingga tidak semua Beswan Djarum ada dalam batch atau tanggal pelaksanaan yang sama. Namun, pada kegiatan Nation Building ini seluruh Beswan Djarum melaksanakan kegiatan di waktu yang sama. Pada kegiatan ini, beswan lebih fokus pada pentas drama dan kunjungan ke beberapa pabrik dan kantor Djarum yang ada di sekitar Semarang dan Kudus. Sama halnya seperti dua acara sebelumnya, pada acara ini juga dikemas dengan sangat menarik dan didukung oleh banyak ahli.

Selain kegiatan wajib, Beswan Djarum juga dapat mengikuti kegiatan non wajib yang terlaksana selama periode menjadi Beswan Djarum diantara pelaksanaan ketiga kegiatan wajib diatas. Kegiatan non wajib tersebut antara lain seperti, Community Empowerment semacam kegiatan kemasyarakatan dalam upaya membantu UKM pada daerah tertentu, Vlog and Writing Competition yang diikuti oleh Beswan Djarum mulai dari seleksi regional hingga nasional, International Exposure yaitu kegiatan Internasional yang sepenuhnya dibiayai oleh pihak Djarum Foundation biasanya berupa kegiatan MUN (Model United Nation) di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut juga bisa cek di web resmi nya ya!!

For your information, kegiatan-kegiatan di atas dilaksanakan di berbagai kota. Jadi, selain meningkatkan soft skill para beswan juga bisa sekalian jalan-jalan dan fully funded!

Kelemahan Beasiswa Djarum

Beasiswa Djarum memang memiliki banyak kegiatan yang bisa dibilang lumayan padat dan itu ada di hari-hari kuliah. Jadi, mengharuskan beswan gerak cepat untuk mengurus izin/dispensasi baik ke kemahasiswaan maupun ke dosen pengampu mata kuliah di hari tersebut. Karena acara dari setiap kegiatan itu tidak hanya sehari dua hari, minimal tiga hari dan maksimal sekitar seminggu.

Keunggulan Beasiswa Djarum

1. Keunggulan Secara Finansial

Beasiswa Djarum memberikan uang beasiswa setiap bulan sebesar Rp750.000 selama satu tahun atau dua semester. Kalau ditotal ada Rp9.000.000 dan uang tersebut langsung diberikan ke beswan secara cash di setiap kantor Djarum di masing-masing kota. Jadi tidak melalui pihak atau perantara lain dan uangnya bebas mau untuk apa. Karena ada yang menganggap uang Beasiswa Djarum wajib untuk bayar semesteran atau UKT kuliah. Anggapan seperti itu perlu diluruskan, di Beasiswa Djarum tidak ada kewajiban penggunaan uang beasiswa untuk hal-hal tertentu.

2. Keunggulan Secara Non Finansial

Nah, kalau keunggulan secara non finansial itu terkait kegiatan-kegiatan yang banyak dan sangat bermanfaat buat para penerima beasiswa. Selain itu juga beswan bisa mendapat teman baru yang super banyak! Karena setiap angkatan penerima Beasiswa Djarum itu jumlah total penerimanya berbeda-beda, kalau di angkatan 33 itu ada 500 orang dari seluruh Indonesia (Sabang – Merauke). Selain menambah teman, sekaligus juga bisa jalan-jalan.

Syarat Pendaftaran

Syarat pendaftaran Beasiswa Djarum 2019/2020 untuk S1 dan D4 meliputi:

  1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu (Universitas mitra Djarum bisa dicheck di link https://djarumbeasiswaplus.org/mobile/tentang_kami/daftar-perguruan-tinggi-program-djarum-beasiswa-plus-2018-2019)
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III
  3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV
  4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (pada 1 September 2019-31 Agustus 2020)
  6. Kuliah di mitra Perguruan tinggi Program Djarum Beasiswa Plus

Syarat Administratif

Perlu juga mempersiapkan syarat administratif yang terdiri dari:

  1. Bukti print atau cetak PDF dari form pendaftaran online di website: djarumbeasiswaplus.org
  2. Satu lembar pasfoto ukuran 4 x 6 cm berwarna, memakai jas almamater
  3. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa
  4. Transkrip Nilai sampai semester III yang telah dilegalisir
  5. Surat keterangan aktif organisasi/salinan sertifikat kegiatan organisasi/salinan sertifikat prestasi yang diikuti/dimiliki
  6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat) bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain terhitung periode 1 September 2019 – 31 Agustus 2020

Setelah lolos tahap administrasi akan ada tahap selanjutnya yaitu tes tertulis dan wawancara dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Membawa Kartu Tanda Mahasiswa
  2. Bukti undangan tes dari Djarum Beasiswa Plus (SMS/email)
  3. Membawa alat tulis.
  4. Berpakaian rapi: jaket almamater, rok/celana panjang, bersepatu tertutup

Catatan: Pengumuman Djarum Beasiswa Plus dapat diakses di website resmi djarumbeasiswaplus.org serta melalui pengumuman di Bagian Kemahasiswaan di kampus masing-masing.

Tips and Trick

Kak Ody  juga memberi tips dan trick, nih, buat scholarship hunters yang pengin banget mendapatkan Beasiswa Djarum

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait kegiatan/event yang kamu inginkan! termasuk tentang Beasiswa Djarum!

Informasi itu bisa diperoleh melalui sosial medianya atau juga alumni yang pernah join sebelumnya (dulu Kak Ody juga ikut schotalk beswan djarum di Sahabat Beasiswa Purwokerto, loh) dan Kak Ody sempat berikir “bisa ga yah jadi narasumbernya padahal waktu itu daftar aja belum,”

2. Buatlah timeline setiap kegiatan!

Misalnya timeline pendaftaran Beasiswa Djarum, ini akan mempermudah teman-teman untuk mengetahui update info mengenai Beasiswa Djarum. Jadi, teman-teman tidak terburu-buru dan tidak SKS alias sistem kebut semalam untuk menyelesaikannya serta lebih terarah, rapi dan maksimal.

3. Jangan malu untuk bertanya dan jangan minder!

Kak Ody menemukan banyak temannya yang sebenarnya quilified enough tapi enggan bertanya karena malu dan minder padahal sayang banget, bukan? Makanya, yuk harus pede sama diri sendiri! Cause no one can defeat u except urself!

4. Cari kegiatan/event yang sesuai dengan passion dan tujuan kamu!

Ketika kita ikut kegiatan atau event yang sesuai dengan passion dan sejalan dengan goal kita, menurutku itu bakal lebih memudahkan kita untuk jalaninnya, jadi ketika ada beban atau obstacles, kita jadi lebih mudah untuk handle and control hal tersebut.” kata Kak Ody.

5. FOKUS!

Fokus! Ketika kalian pengen suatu hal, so you have to push to your limit, kerahkan semuanya jangan sampai mudah ke-distract sama hal-hal lain yang sebenarnya tidak terlalu penting, misal tidak percaya diri. Juga harus teliti! Jangan sampai ada hal-hal penting yang terlewat atau salah. Makanya, perlu di buat timeline untuk memudahkan teman-teman agar lebih fokus.

6. Berdoa dan minta restu orang tua

Setelah berusaha maksimal, jangan lupa selalu diiringi doa dan restu orang tua karena mau sesusah apapun jalannya, seberliku apapun prosesnya kalau Tuhan dan orang tua memberi ridho, Insya Allah teman-teman bisa mencapai tujuan. Kalau kamu tiba-tiba merasa capek, down atau feels like you wanna give up, kamu harus inget tujuan kamu kenapa kamu mau hal tersebut! kalau bisa dicatat goal yang kamu mau di timeline biar ingat dan semangat terus!

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Djarum Beasiswa Plus di:

Facebook: Djarum Beasiswa Plus

Twitter: @BeswanDjarum

Instagram: @djarumbeasiswaplus

Website: www.djarumbeasiswaplus.org

Artikel ini merupakan notulensi Schotalk #17 Sahabat Beasiswa Chapter Purwokerto 12 Februari 2019

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship