Kesuksesan Sahabat Beasiswa Summit 2017 di Solo

IETLS Prediction oleh dr. Steven Guntur di Sahabat Beasiswa Summit 2017

Kesuksesan Sahabat Beasiswa Summit 2017 (#SBSummit2017) yang merupakan acara akbar perdana Sahabat Beasiswa (SB) pada 18-20 Agustus 2017 di Universitas Negeri Sebelas Maret, tidak lepas dari campur tangan para panitia yang luar biasa dari SB Pusat, SB Chapter Solo, Himakesja UNS, pembicara-pembicara yang super kece dan para sponsorship-partnership yang memberikan dukungan terhadap #SBSummit2017 ini. Ingin tahu bagaimana keseruan dan apa saja acara-acara menariknya? Stay tune! 🙂

Sahabat Beasiswa Conference

Acara pertama dimulai dengan Conference  (18/8) bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Teknik UNS pukul 08.30 WIB. Dihadiri oleh Founder SB (Radyum Ikono), Pembina (Trisya Rakmawati), Ketua Divisi Konten Sosial Media & IT (Fajar Budi Laksono), delegasi SB Pusat dan 30 delegasi yang berasal dari 15 Chapter dari total 28 Chapter yang ada di Indonesia.

Berikut daftar chapter yang hadir dalam #SBSummit2017.

  1. Chapter Medan
  2. Chapter Lampung
  3. Chapter Jakarta
  4. Chapter Depok
  5. Chapter Bekasi
  6. Chapter Bogor
  7. Chapter Bandung
  8. Chapter Cirebon
  9. Chapter Purwokerto
  10. Chapter Solo
  11. Chapter Surabaya
  12. Chapter Malang
  13. Chapter Kalimantan Selatan
  14. Chapter Kendari
  15. Chapter Sumbawa

Dimeriahkan dengan tari-tarian adat Dayak Kenyah, dilanjut dengan Evaluasi Kerja, dan Focus Group Discussion bersama untuk kebaikan SB di masa mendatang.

Foto bersama pasca Conference
Foto bersama pasca Conference

Gala Dinner

Pada malam harinya, para delegasi menikmati Gala Dinner di Waroeng Inspirasi, Banjarsari, Surakarta pukul 19.00 WIB. Malam itu menjadi malam keakraban bagi para delegasi karena adanya culture night performance di atas panggung. Ditutup dengan saling bertukar merchandise antar chapter. Ketua Divisi Program, M. Dhafi Iskandar pun turut hadir dalam acara Gala Dinner. Reward untuk chapter pun tidak ketinggalan. Best Performance goes to Chapter Bogor & Bandung. Selanjutnya, Best Chapter of The Conference goes to Chapter Sumbawa. Selamat, Sobat SB! Keep the good work 🙂

Workshop CV-Motivation Letter; Overview Beasiswa

Tidak hanya untuk para pengurusnya saja, acara-acara dalam #SBSummit2017 dibuat untuk publik. Selain dari kota Solo, beberapa peserta datang dari luar Jawa Tengah untuk menimba ilmu dan menggali informasi lebih dalam seputar beasiswa dan perkuliahan di #SBSummit2017. Hari kedua (19/8) pukul 08.30 WIB, workshop pertama mengenai overview beasiswa oleh M. Dhafi Iskandar dan dipandu moderator, Yusuf Cahya. Beliau memaparkan bagaimana mencari beasiswa atau jurusan, negara tujuan, berhubungan dengan warga asing dari segi geografis, dan masih banyak lagi. Workshop kedua tentang kupas tuntas membuat CV oleh Radyum Ikono. Banyak hal yang beliau jelaskan. Mulai dari hal basic yang mungkin sering terlewatkan. Bahkan beberapa delegasi mengaku bahwa ia baru mengetahui cara membuat CV yang bagus. Para peserta pun terlihat sangat excited sekali pada saat diskusi tanya jawab berlangsung.

Expo Studi Luar Negeri

Hal yang tidak kalah menarik lainnya adalah Expo Studi luar negeri di Gedung F FKIP UNS yang dihadiri oleh hampir 20 negara PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Dunia. Mereka adalah pemuda-pemuda Indonesia yang sedang atau telah belajar di luar negeri. Serta perwakilan lembaga beasiswa seperti AAS (Australia Award Scholarship), Bakti Nusa, Edlink+Connex, dan IELC memberikan konsultasi beasiswa kepada peserta yang datang dari berbagai kota.
Berikut daftar stan PPI Negara yang hadir dalam Expo Studi Luar Negeri #SBSummit2017:

  1. PPI Arab Saudi
  2. Perpika Korea Selatan
  3. PPI Tiongkok
  4. PPI Finlandia
  5. PPI Jerman
  6. PPI Thailand
  7. PPI UK
  8. PPI Mesir
  9. PPI Perancis
  10. PPI Jepang
  11. PPI UAE
  12. PPI Malaysia
  13. PPI Polandia
  14. PPI Kanada
  15. PPI Italia
  16. PPI Turki
  17. PPI Estonia
  18. PPI Taiwan
  19. PPI Dunia
  20. Radio PPI Dunia

Para peserta pun turut menyimak mini talkshow yang ada di atas panggung dan berkonsultasi dengan para awardee di beberapa stan yang tentu memberikan insight yang baru, dan dipastikan peserta dapat bertanya sebanyak-banyaknya kepada awardee secara langsung.

Suasana Expo Studi Luar Negeri dan Mini Talkshow
Suasana Expo Studi Luar Negeri dan Mini Talkshow

City Tour

Sementara itu, setelah berkeliling mencari informasi seputar beasiswa dan perkuliahan, para delegasi dijadwalkan untuk melakukan kunjungan City Tour bersama Putra-Putri Solo. Berkesempatan mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, pusat oleh-oleh Ria Batik dan Mesran, serta pada malam hari delegasi menonton pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Meski menggunakan bahasa daerah setempat, tersedia terjemahan implisit sehingga penonton yang berasal dari berbagai kota dan daerah tetap dapat menikmati pertunjukan dengan senang.

Delegasi Sahabat Beasiswa Summit 2017 di Museum Batik Danar Hadi
Delegasi Sahabat Beasiswa Summit 2017 di Museum Batik Danar Hadi

Mega Seminar

Hari terakhir #SBSummit2017 (20/8) diisi dengan mega Seminar di gedung F FKIP UNS. Untuk pendaftar full package mendapat free IELTS Prediction oleh dr. Steven Guntur (Koordinator PPI Dunia 2015-2016) pada pagi harinya. Setelah itu, seminar berturut-turut oleh Trisya Rakmawati (Awardee AAS), April Sasmar Putri (Awardee LPDP, Radio PPI Dunia). Lalu setelah break, dilanjut seminar oleh Intan Irani (Koordinator PPI Dunia 2016-2017), Fauzan Rofiq (Awardee Fulbright). Sebanyak kurang lebih 500 peserta di #SBSummit2017 baik dari delegasi dan peserta umum sangat antusias mengenai beasiswa dan perkuliahan.

IELTS prediction oleh dr. Steven Guntur
IELTS prediction oleh dr. Steven Guntur

Sebelum acara penutupan, para delegasi maupun peserta seminar dimeriahkan dengan tarian daerah serta pemutaran video serangkaian acara di #SBSummit2017.

Tuntas sudah acara #SBSummit2017 di kota Solo. Semoga ke depannya, seperti yang diharapkan Founder SB (Radyum Ikono), Sahabat Beasiswa terus memberikan manfaat kepada pemuda Indonesia untuk mencicipi beasiswa ke luar negeri. Dan semoga kelak alumni-alumni luar negeri ini kelak kembali ke daerah masing-masing, membawa perubahan yang lebih baik hingga lekuk terluar dari provinsi di Nusantara.

Terima kasih kepada teman-teman chapter Solo, delegasi, para pengisi acara, dan sobat SB di seluruh pelosok negeri!

Now, everyone can get scholarship!