Dari Sahabat Beasiswa untuk Indonesia
Mimpi serta Harapan dari Generasi Muda untuk Indonesia

Jayalah Indonesiaku! Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Genap 71 tahun Indonesia merdeka. Sudah 71 tahun bangsa Indonesia mengisi kemerdekaan yang telah dicapai dengan perjuangan dan pertumpahan darah. Meski demikian, masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama demi mencapai Indonesia yang maju dan jaya.

Semua orang berhak berkontribusi dalam mencapai tujuan ini, terutama generasi muda. Waktunya bagi yang muda berkarya dan siaga di barisan pertama. Salah satu peran ini dapat dilakukan dengan mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sahabat Beasiswa sebagai suatu komunitas yang berfokus pada bidang pendidikan pun turut ambil bagian. Sebagai portal penyedia informasi dan pembinaan beasiswa, tentu ada nawacita yang menjadi fokus utama–dalam hal ini–membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan setinggi mungkin melalui beasiswa. Komunitas ini telah tersebar di seluruh Indonesia dengan semangat dan harapan yang sama untuk memajukan daerah masing-masing melalui pendidikan.

Melalui program #DariSBUntukIndonesia, kami mencoba merangkul seluruh elemen yang ada dalam keluarga Sahabat Beasiswa untuk menyampaikan mimpi serta harapannya dalam bentuk kampanye di media sosial Sahabat Beasiswa. Dan turut serta kami libatkan budaya literasi agar generasi muda terbiasa menyusun kata demi kata nan penuh makna serta tantangannya agar pesan yang dimaksud tersampaikan. Berikut adalah secercah harapan dari kami generasi muda untuk negeri Indonesia tercinta :

  1. SB Chapter Semarang (ditulis oleh Chandra Widodo)

Pemuda adalah agent of control bagi bangsanya. Di momen hari kemerdekaan Indonesia ini, melihat sejarah Indonesia sendiri, pemuda Indonesia telah menjadi komponen utama dalam merebut kemerdekaan bangsa. Lalu bagaimana kondisi pemuda saat ini?

Dengan kemajuan teknologi dan peluang yang diberikan karena dampak globalisasi, pemuda Indonesia saat ini mampu ikut andil dalam merayakan kemerdekaan bangsanya. Keikutsertaan pemuda indonesia dalam merayakan HUT RI dengan merealisasikan impian serta harapannya. Selain merealisasikan impian dan harapan, pemuda Indonesia dituntut mampu mengakselerasi pembangunan bangsanya sebagai tulang punggung bangsanya. Tentunya realitas tersebut harus diimbangi dukungan dan doa dari berbagai pihak yang ada dalam strategi jangka panjang.

  1. SB Chapter Surabaya (ditulis oleh Hanny Dwi Raharjo)

Dengan semangat juang menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71, sebagai pemuda dan generasi penerus bangsa yang diharapkan di masa depan, sudah seharusnya generasi muda sekarang lebih peka terhadap isu-isu di sekitar dan dengan semangat gotong royong saling bahu – membahu mencintai serta mempromosikan produk dalam negeri untuk menggapai Indonesia yang lebih jaya di masa yang akan datang.

Dirgahayu ke – 71 Indonesia ku !!
Merdeka !
Merdeka !
Merdeka !

  1. SB Chapter Bogor (ditulis oleh Riska Nauli)

71 tahun Indonesia merdeka, bukan usia yang muda. Tentu sudah banyak yang hadir dalam perjalanan, luka, airmata, serta senyum kebanggaan datang silih berganti menghampiri Ibu Pertiwi. Lalu di mana kita? Sudahkah kita menjadi pembawa senyum kebanggaan bagi negeri? Atau.. Hanya pelengkap luka airmata saja.. Ah.. Bagaimana mungkin kebanggaan datang dari genggaman tangan kita, jika kebanggaan diri atas tanah air saja tidak sebesar ketika kaki berpijak di negeri sebrang yang terlihat lebih indah dipandangan.. Bangga itu berawal dari cinta.. Dan cinta tidak hanya mampu melahirkan bangga tapi juga mampu menggerakkan.. Sebab yang mencinta akan selalu berjuang memberikan yang terbaik bagi yang dicinta.. Semoga putra putri muda indonesia selalu mencinta pada tanah airnya.. Hingga tak lelah bergerak agar bisa menjadi alasan atas senyum bangga Ibu Pertiwi..

  1. SB Chapter Solo (ditulis oleh Bagas)

Seperti kata Eyang BJ.Habibie, “Jadilah mata air yang jernih yang memberikan kehidupan kepada sekitarmu.”

Semoga ditahun yang ke-71 ini, tanah air tercinta tetap menjadi mata air yang senantiasa melahirkan generasi-generasi muda hebat disetiap bidangnya dan menjadikan negara ini negara yang baldatun, thayyibatun wa robbun Ghafur. Aamiin…

  1. SB Chapter Jambi (ditulis oleh Lidya)

Semangat juang ’45, semangat yang harus dipertahankan oleh generasi muda bangsa Indonesia. Dengan bertambahnya usia bangsa kita, maka akan bertambah pula harapan dan keinginan dari kita semua. Peringatan Dirgahayu Indonesia ke-71 tahun merupakan salah satu wujud bakti terhadap cinta tanah air dan dijadikan momen yang sangat indah agar lebih baik kedepannya. Berkat perjuangan gigih dan pantang menyerah mereka lah seperti menoreh prestasi dan membawa nama harum Indonesia di kancah dunia. Terus bersemangat. Semangat berprestasi. Semangat bermanfaat. Semangat menginspirasi. Dirgahayu IndonesiaKu. Indonesia Bisa !

  1. SB Chapter Purwokerto (ditulis oleh Mohamad Fajar Haqi)

Generasi muda  merupakan masa depan bangsa. Kedudukan dan peran pemuda-pemudi memang sangat vital dalam pembangunan sehingga masa depan bangsa berada di tangan mereka. Peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia ke 71 ini hendaknya dijadikan momen keberanian, kejujuran, dan kebersamaan untuk manggapai cita – cita bangsa Indonesia. Beranilah berkompetisi dan hendaknya selalu menjadi pemuda-pemudi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar layaknya sebuah lilin yang selalu peduli dan bermanfaat yang dapat mengisi dan menerangi ruangan yang gelap gulita tanpa kesombongan walaupun secara material harganya tidak seberapa dibanding sebuah emas yang tidak dapat mengisi celah celah kecil di dalam ruangan.

  1. SB Chapter Palu (ditulis oleh Dika)

Bumi pertiwi masih menunggu tangan kita untuk membangun negeri. Kita adalah anak – anak negeri yang optimis bukan oportunis. Kita adalah anak – anak negeri yang siap membangun dengan pengabdian tanpa pengecualian.

Jayalah Indonesiaku !

  1. SB Chapter Sumbawa (ditulis oleh Eko Sulistio)

Tujuh puluh satu Tahun Yang Lalu
Telah Bergema Pekik Merdeka
Bergema, Berkumandang, Keseluruh Dunia
Suka Duka Perjuangan Bangsa
Berbuah Nyata

Jasa Pahlawan, jasa penuh kenangan, jasa tak akan terbeli harta, dengan satu tujuan: “Merdeka atau Mati’

Sedih pun sirna, tetawa menghampiri bangsa ini, tersenyumlah dengan memperindah tangisan para pahlawan yang telah gugur di medan perang
Sekarang gapailah mimpi dengan bebas dengan rajin dan tidak malas, dengan satu tujuan mulia lanjutkan kemerdekaan NKRI

Kita Sadar Sebagai Tunas Bangsa
Penerus Sejarah Pemandu Tongkat
Perjuangan Bangsa

Tetaplah bersatu jangan mau terpecah belah
Jangan menatapi masa lalu bangsa yang suram
Gapai masa depan bangsa yang cerah

Selamat Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-71
Semoga Kita semua nyaman, tentram dan aman

Sang saka merah putih tampak berkibar
Terlihat indah melambai-lambai
Semangat berjuang kami terus berkobar
Satu tujuan gapai Indonesia makmur dan damai

Mari Kita Jaga Ibu Pertiwi
Kita Jaga Republik Ini
Kita Junjung Martabat Negeri

Oh, Pahlawan,
Engkaulah yang terus melindungi bangsa
Tiada engkau, dipastikan tiada kebebasan
Karenamu lah bangsa bebas dari penjajah
Kini tiada engkau lagi
Tetapi Bangsa harus tetap bersatu
Aku akan merindukanmu wahai Pahlawan
Karena namamu tetap harum dan ku kenang

Dirgahayu Republik Indonesia
Nyalakan Terus Semangat 45
Sekali Medeka Tetap Medeka

  1. SB Chapter Kalsel (ditulis oleh Maman Saputra)

Dengan semangat Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71, sebagai pemuda dan generasi muda yang sangat diharapkan di masa depan, maka sudah seharusnya generasi muda sekarang bisa menjadi teladan yang berakhlak dan berprestasi. Tidak hanya di bidang akademik tetapi juga non akademik. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadikanlah momen HUT RI ini sebagai pacuan semangat untuk bisa membanggakan Indonesia di kancah global. Berilah kado ulang tahun terbaik untuk negeri kita tercinta, Indonesia.

Dirgahayu Indonesiaku !

  1. SB Chapter Jember (ditulis oleh Risyah Adilia)

Hari kelahiran Republik Indonesia kita tercinta ini selalu harus bisa dijadikan sebagai ajang refleksi dan kilas balik tentang sejauh mana negara ini telah bertumbuh. Pertumbuhannya pun selalu tak lepas dari kontribusi-kontribusi para pemuda hebatnya. Generasi muda Indonesia tidak boleh berhenti berkontribusi demi kemajuan negeri dan kemakmuran masyarakat. Dengan segala ilmu, tenaga, waktu, dan kemampuan yang kita miliki, berkhidmatlah untuk negeri ini karena siapa tau dari tangan kitalah perubahan itu terwujud.

Tongkat estafet kepemimpinan tidak akan pernah berhenti, maka siapkanlah diri kita selalu untuk menerimanya.
Karena pemuda harapan bangsa,
Karena Indonesia terlalu indah untuk tidak diperjuangkan.
Dirgahayu Indonesiaku,
Jayalah negeriku.

  1. SB Chapter Makassar (ditulis oleh Maman)

Indonesia dapat menjadi negara yang maju dan dapat memanfaatkan segala potensi dengan maksimal dan bijaksana, yaitu dengan masyarakat yang berkualitas dalam intelektual dan moral sehingga tidak ada yang korupsi dan peduli terhadap lingkungan. Dengan masyarakat yang sadar betapa pentingnya mengelola potensi yang ada  di Indonesia ini jika semua bertekad satu untuk memajukan Indonesia maka tidak ada yang tidak mungkin. Secara perlahan tapi pasti Indonesia akan dapat benar – benar menjunjung kebenaran yang akan menghilangkan korupsi dan segala oknum yang tidak bertanggung jawab dalam merusak Indonesia sehingga tercipta negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur seperti cita – cita Indonesia yang tertera dalam pembukaan UUD 1945. Sehingga harapan untuk membuat Indonesia menjadi negara yang maju ini dapat terwujud.

  1. SB Chapter Bali (ditulis oleh Sahat)

Kemerdekaan sudah diraih oleh negara indonesia dari 71 tahun yang lalu. Namun apakah kita yakin kita sudah merdeka? Pertanyaan ini seakan membuat kita sadar betapa besarnya arti kemerdekaan itu terhadap negara ini. Sebelum 71 tahun yang lewat, indonesia dijajah oleh negara lain. Namun saat ini kita dijajah oleh diri kita sendiri. Kita seakan akan tak mengingat perjuangan pahlawan kita. Anak muda tak peduli dengan siapa pahlawan yang membuat mereka bisa hidup seperti sekarang tidak menenteng senjata kembali.
Wahai kaum muda,
Bangkit! Kenali siapa sejarah hidupmu? Siapa dirimu? Bangkit lah bangkit kobarkan semangatmu!
Selamat 45 di ulang tahun 71 ini
Indonesia tetap maju
Jayalah indonesia !

  1. SB Chapter Yogyakarta (ditulis oleh Laras Widyawati)

Momen HUT RI ini semoga bisa menjadi pembangit semangat generasi muda untuk  lebih mengharumkan nama indonesia baik dengan cara berprestasi dan juga berkarya di bidang akademik maupun nonakademik demi indonesia yang lebih baik karena kita (generasi muda) adalah cerminan masa depan bangsa. Merdeka!

  1. SB Chapter Bandung (ditulis oleh Ahmad Fauzi)

Dirgahayu RI ke 71
Sebuah negara yang sebentar lagi menjadi negara besar akan segera terlaksana dengan semangat optimisme para pemudanya.
Kemajuan bangsa akan berbanding lurus dengan akhlak warga negaranya..
Mari perbaiki akhlak.
Tebarkan optimisme kemerdekaan.
Kita adalah bangsa yang besar.
DIRGAHAYU RI Ke 71 !

  1. SB Chapter Jakarta (ditulis oleh Putri Dinny Decca)

Setiap dari kita memiliki mimpi. Mimpi besar yang berharap suatu saat nanti pasti akan terwujud. Hanya saja, jalan yang sedang kita lalui memiliki banyak tikungan, banyak lubang, banyak tanjakan, banyak turunan, bahkan ada pula jalan buntu yang mengharuskan kita untuk berbalik dan mencari jalan lain. Banyak dari kita yang merasa lelah atau bahkan menyerah akan mimpinya itu.

Pada Dirgahayu RI ini kita dibawa kembali mengingat sekelompok generasi muda Indonesia yang memiliki mimpi besar, yaitu Indonesia dapat mendekap erat kemerdekaan. 71 tahun sudah kita menikmati mimpi besar mereka. Kini kita sebagai generasi muda Indonesia sudah pasti memiliki mimpi besar kita sendiri.

Tantangan yang dihadapi kian berat. Kemiskinan, korupsi, kriminalitas, ketertinggalan, keterpurukan, menjadi suatu ombak besar yang siap menenggelamkan kita semua. Kini saatnya bagi kita sebagai generasi muda Indonesia untuk mewujudkan mimpi besar itu. Ayo bergerak dan wujudkan mimpi besar itu !

Generasi Muda Indonesia, Generasi Pengubah menuju Indonesia Emas

  1. SB Chapter Kendari (ditulis oleh Indra)

“Yuk buat sejarah hebat di masa muda supaya kita menjadi something bukan nothing,” kata pak Habibie.

Semoga di tahun ke-71 Indonesia, tetap menjadi pijakan yang terus melahirkan generasi-generasi muda bangsa yang siap membangun negeri tercinta.

  1. SB Chapter Sumbawa (ditulis oleh Samira Ulfa)

Mimpi dan Harapan bagi generasi Muda Indonesia:  hal itu tergambar dalam 3P yakni Produktif, Prestasi, dan Patuh.

Jadilah generasi masa depan Indonesia Produktif yang mampu menghasilkan karya untuk bangsanya, generasi Indonesia Berprestasi yang mampu membanggakan dan mengharumkan nama bangsanya, serta generasi Indonesia yang selalu Patuh (Patuh akan aturan Tuhannya dan Bangsanya).

  1. SB Chapter Malang (ditulis oleh Bayu)

Semangat muda semangat menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71. Semangat dalam mencapai prestasi tertinggi. Pemuda adalah kunci untuk menyampaikan semangat – semangat saling berbagi dalam segala bidang dan juga sebagai jembatan yang kuat untuk mempromosikan budaya – budaya besar yang indonesia miliki dari Sabang sampai Merauke. Semangat pemuda semangat bermimpi dan beraksi untuk masa depan Indonesia yang lebih bersemangat dan lebih maju lagi.

Semangat Dirgahayu RI ke-71 !
Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

Kami segenap pengurus Sahabat Beasiswa akan berusaha mewujudkan mimpi serta harapan bangsa ini untuk pendidikan  Indonesia yang lebih baik. Selalu berusaha dan tetap menjadi yang terdepan dalam menyebar luaskan informasi beasiswa. Mari bersama-sama kita menuntut ilmu setinggi-tingginya bahkan hingga keseluruh penjuru dunia, dan setelahnya kembali pulang ke negeri tercinta.
Dirgahayu Indonesiaku!
Sekali Merdeka !
Tetap Merdeka !
Now Everyone Can Get Scholarships !

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship