Halo! Apakah kalian termasuk orang-orang yang sangat menginginkan bisa belajar di overseas? Pasti kalian semua pengen dong punya kesempatan untuk bisa mencicipi sistem pembelajaran yang ada di berbagai belahan dunia. Ya walaupun bisa aja tujuannya macem-macem, ada yang ingin kuliah sambil jalan-jalan, ada yang ingin mencoba survive di negeri orang, mencari pengalaman baru, atau bahkan yang punya tujuan yang mulia yakni mengadopsi sistem pembelajaran di sana dan mengaplikasikannya ke dalam negeri. Wah kalau kalian tipikal yang mana, nih? Komen di bawah ya!

Oh iya, terlepas dari sekadar ingin, kalian juga berkewajiban untuk mewujudkannya, dong. Nah salah satu yang harus dipenuhi yakni mendapatkan LoA atau letter of acceptance sebagai bukti bahwa kita diterima menjadi salah satu mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di universitas yang kita inginkan. Lalu bagaimana sih cara untuk mendapatkan LoA?

Jenis LoA

Sebelum kita berdiskusi tentang cara mendapatkan LoA maka akan lebih baik lagi kalau kita mengetahui jenis-jenisnya dulu, ya. Jadi LoA terbagi menjadi dua, yakni Conditional LoA dan Unconditional LoA yang selanjutnya akan kita bahas berikut ini:

1. Conditional LoA

Conditional LoA adalah surat yang menerangkan bahwa kita diterima dengan adanya persyaratan yang harus dipenuhi (belum sepenuhnya diterima). Misalnya saja karena TOEFL atau IELTSnya belum memenuhi skor nilai yang disyaratkan, belum menyerahkan tema riset/penelitian yang akan diajukan, belum menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan masuk perguruan tinggi seperti transkrip ataupun ijazah, dan dokumen-dokumen lainnya.

2. Unconditional LoA

Berbeda dengan yang sebelumnya, unconditional LoA justru tidak memiliki persyaratan apapun yang artinya kita benar-benar sudah diterima dan dipersilahkan untuk melakukan registrasi ulang saja. Nah, biasanya informasi yang terdapat pada Acceptance jenis ini yaitu program studi yang sobat pilih, durasi belajar yang akan ditempuh, mulai awal perkuliahan (intake), dan berbagai informasi tambahan mengenai registrasi ulang seperti pembayaran kuliah dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan LoA

Photo by Freshh Connection on Unsplash

Sampai sini sudah paham kan mengenai perbedaan tentang dua jenis LoA? Okay, selanjutnya kita ulas nih dua cara untuk mendapatkan LoA universitas impian.

  1. Website Universitas

Kalau kalian udah fanatik dengan universitas tujuanmu udah pasti sering kepo-kepo, dong ke website resmi dari universitas tersebut. Nah, jangan cuma asal kepo, karena melalui web ini kalian juga bisa mendapatkan LoA loh. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Membuka website resmi universitas yang dituju
  2. Kemudian pilih menu admission, lalu klik international student
  3. Pilih jenjang yang kamu ingin, undergraduate, graduate, atau PhD
  4. Lalu pilih jenis program yang akan kamu ambil misalnya saja by reasearch atau by coursework
  5. Pilih jurusan atau program yang kalian tuju dan klik tombol apply now, lalu
  6. Isi formulir yang disediakan dan submit.

 

  1. Agen Pendidikan

Nah, kalau kalian mau mendapatkan LoA tapi gak mau terlalu repot, bisa juga nih dengan menggunakan jasa layanan agen pendidikan seperti ibec untuk tujuan universitas di Inggris atau idp untuk universitas-universitas yang ada di Australia. Tetapi kekurangannya, agen pendidikan umumnya masih memiliki koneksi yang terbatas sesuai dengan daftar kerjasama dari agennya saja.

Setelah kalian mengirim berkas ke universitas melalui salah satu cara di atas, langkah selanjutnya yakni kalian harus sabar menunggu jawaban dari pihak universitas dengan berdoa dan meminta yang terbaik. Biasanya akan ada pengumuman setelah 1 hingga 2 bulan kemudian.

Jadi, gimana? Mudahkan?

(azmi)

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship