Beasiswa untuk kamu pelajar SMA!
Ternyata ada beasiswa juga loh untuk pelajar SMA, jangan sampai kelewat informasinya, yuk simak informasi berikut ya!

PT SCG Indonesia berkolaborasi dengan Ancora Foundation, sebuah perusahaan semen asal Thailand memberikan beasiswa SCG Sharing the Dream scholarship program untuk pelajar SMA kelas X, XI dan XII atau sederajat berdomisili di Jakarta, Kota Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kota dan Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Lebak.

Dalam talkshow Sharing the Dream di Jakarta 26 Juli 2018 lalu PT SCG Indonesia mengundang para blogger beserta perwakilan komunitas di Jakarta untuk menghadiri gathering yang bertemakan Sharing The Dream – Estafet Mimpi. Gathering tersebut dilaksanakan di The Hook Café Senopati pada pukul 13.00 – 16.00.

Ibu Novia, selaku perwakilan dari PT SCG Indonesia memberitahukan beasiswa SCG Sharing the Dream scholarship program diberikan untuk semua pelajar SMA di Indonesia yang memiliki prestasi dan aktif dalam berorganisasi. Bahkan Ibu Novia juga memberitahukan sebuah kabar baik untuk alumni penerima beasiswa SCG dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan beasiswa SCG Sharing the Dream. Wah.

Program ini merupakan salah satu komitmen PT SCG Indonesia untuk berkontribusi di Indonesia di bidang sosial sebagai langkah pembangunan berkelanjutan perusahaan. Beasiswa SCG ini dibuka setiap tahun, untuk pendaftaran dan persyaratan dapat di akses melalui http://ancorafoundation.com/scg/. Hal unik dari proses penyelesian ini adalah semua peserta diwajibkan untuk menulis esai dengan tangan dan mengirimkan dokumen melalui pos ke kantor pusat SCG di Jakarta. Hasil tulisan tangan dari para pendaftar beasiswa akan dinilai oleh psikolog untuk mengetahui karakter pendaftar beasiswa. . Salah satu topik esai dalam seleksi beasiswa ini adalah tentang “Keluargaku Api Semangatku Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik”. Jadi sering banyak baca ya adik-adik biar pengetahuan umumnya lebih luas sehingga mampu membuat esai yang berkualitas. Lalu setelah lolos dokumen para peserta akan melakukan seleksi wawancara. Dari 30 peserta akan di ambil 10 orang terbaik untuk menerima beasiswa untuk tingkat Perguruan Tinggi . Harus persiapkan diri dengan baik ya sobat, karena seleksinya cukup ketat.

Septi, calon mahasiswa Institut Teknologi Bandung awardee dari beasiswa Sharing the Dream juga menambahkan bahwa hal menantang dari proses penyeleksian beasiswa ini adalah harus menulis esai dalam bahasa Inggris. Kendati demikian Septi semakin giat belajar bahasa Inggris.

Selain, Ibu Novia dan Septi, dalam Sharing the Dream kali ini, SCG bersama Fortune PR juga menghadirkan Tasya Kamila, pelantun lagu kecil “libur telah tiba” ini baru saja lulus dari Columbia University, New York, Amerika dengan jurusan Public AdministrationMenariknya Tasya melanjutkan studi S2 dengan beasiswa LPDP (https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/) hebat ya. Menurut Tasya hal tersulit dalam seleksi beasiswa itu adalah cara mengambarkan diri sendiri dan rencana ke depan, visi misi, serta kontribusi untuk negara setelah menuntaskan studi yang harus dituangkan dalam esai dengan jumlah kata tertentu. Tasya sendiri saat ini telah memiliki yayasan yang memiliki salah satu program untuk memberikan listrik ramah lingkungan untuk masyarakat di Sumba, inspiratif sekali ya.

Tasya juga membagikan tips dan triknya bagaimana cara mendapatkan beasiswa yaitu selalu aktif mencari informasi sebanyak-banyaknya dan harus percaya diri. Motivasi terbesar Tasya adalah bagaimana seorang public figure bisa berkontribusi tidak hanya pada bidang entertainment, tetapi juga untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Sebelum penutupan acara Sharing the Dream gathering, teman-teman blogger dan komunitas yang hadir.melakukan diskusi untu membahas beberapa problematika dalam bidang pendidikan di Indonesia dengan topik Passion for Better’ in Education in Indonesia, The Spirit ‘No One Left Behind’ for Children in Education, The Role of Scholarship for Children in Achieving Their Dreams and its Impact, The Education Challenges in Indonesia and How Brands such as SCG Can Be A Part of Solution, The Role of Local Society to be Part Of Education Development Progress in Indonesia and Education Development Progress In Digital Era, What’s The Opportunity?

Dari diskusi tersebut ada 2 hal penting yang disimpulkan yaitu: Pertama adalah kurangnya pemerataan informasi serta kurangnya kualitas sumber daya pengajar mau pun sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pendidikan yang lebih berkualitas. Kemudian terdapat beberapa solusi yang dihasilkan dari dua masalah pokok pendidikan di Indonesia yaitu Integrated Movement melalui digital dan kolaborasi dengan komunitas-komunitas lokal untuk penyebaran informasi dan Training for Trainers (SDM Pengajar) serta mendorong peningkatan akses pendidikan melalui komunitas-komunitas digital.

Author: Admin

teacher, blogger, entrepreneurship