Artikel

ALL ABOUT PERMIAS

“Kalau Tak Kenal, maka Tak Sayang”

Pasti banyak Sobat SB yang bertanya-tanya tentang judul artikel kali ini.So, let’s check this article, Guys!

Apa sih PERMIAS itu?

PERMIAS singkatan dari Persatuan Mahasiswa Indonesia Seluruh Amerika Serikat. Bisa disebut sebagai Perkumpulan Mahasiswa-Mahasiswa yang sedang kuliah di Amerika Serikat. Jadi, bisa juga disebut sebagai bentuk dari PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang bemukim di Amerika Serikat dan sekitarnya.

PERMIAS ini dibentuk di kota Washington DC pada tanggal 24 Desember 1961, ternyata sudah 55 tahun lamanya organisasi ini berdiri. Nah tujuan dari didirikannya PERMIAS ini yaitu untuk menyatukan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan pendidikannya di negara Amerika dan sekitarnya melalui chapter-chapter yang tersebar diberbagai daerah di Amerika Serikat dan juga menyatukan mahasiswa-mahasiswa tersebut seluruhnya melalui Kongres Nasional PERMIAS.

Chapter-chapter diberbagai daerah ini biasanya mengadakan acara masing-masing di tiap daerahnya, seperti pameran kebudayaan, kompetisi olahraga, dan juga kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Tiap-tiap chapter yang berdekatan ini juga bergabung untuk mengadakan acara yang lebih besar. Untuk Kongres Nasional PERMIAS ini dihadiri oleh perwakilan dari tiap-tiap chapter daerahnya masing-masing. Hebatnya lagi, banyak alumni PERMIAS ini yang menjadi pemimpin pada bidang keahliannya, pada sektor masyarakat umum, sektor pribadi maupun pada lembaga masyarakat.

PERMIAS Nasional membawahi beberapa chapter-chapter PERMIAS yang berada pada daerahnya masing-masing : PERMIAS North East (8 Chapter), PERMIAS Mild-West&South (20 Chapter), dan juga PERMIAS West (17 Chapter).

Region-Map

PERMIAS Nasional digagas untuk mewakili semua chapter menjadi satu kesatuan dan untuk menciptakan jaringan yang lebih luas dari mahasiswa-mahasiswa Indonesia di seluruh Amerika Serikat. PERMIAS Nasional ini dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal dan wakil sekjen. Pada periode ini, sekjen PERMIAS diamanahkan kepada Nadi Guna Khairi sedangkan wakil sekjen diamanahkan kepada Priscilia de Mita.

Nah, gimana Guys jadi tertarik buat ikutan menjadi anggota ataupun menjadi ketua PERMIAS ini? Jadi tambah mau kuliah di Amerika Serikat??

Yuk, berlomba untuk bisa studi di Amerika Serikat. Beasiswa-beasiswa untuk studi di US juga sudah banyak loh. So, jangan sampai ketinggalan sama temen-temen kita yang sudah jadi anggota PERMIAS yah. Kalau mereka bisa, pasti kita juga bisa,Sobat! Jangan sampai ketinggalan juga ya info tentang beasiswa studi di US!

Penulis: Nida

About the author

Media SB