Artikel

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Study ke Australia

0824591Belajar-di-Australia780x390

Berkesempatan kuliah di luar negeri tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih bimbang dalam menentukan pilihan negara yang akan dituju. Hal ini disebabkan karena teramat banyaknya universitas-universitas di luar negeri yang menawarkan berbagai macam program pendidikan yang menarik dan berkualitas. Diantara banyak negara pilihan tersebut, Australia adalah salah satu negara yang paling banyak diminati. Menurut laporan tahunan Departemen Imigrasi Australia, jumlah pendaftaran visa pelajar dari Indonesia pada tahun finansial 2012-2013 adalah 9.015 dan terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun.

 Mengapa kuliah di Australia?

Berikut ini terdapat beberapa alasan yang mudah-mudahan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk kamu yang masih bimbang menentukan negara tujuan melanjutkan pendidikanmu

  1. Universitas Berkualitas Tingkat Dunia.

Australia mempunyai beberapa Universitas terbaik dengan prestasinya yang sudah sangat dikenal oleh dunia Internasional. Berikut beberapa list Universitas terbaik di Australia yang bisa kamu akses info-infonya :

  1. The Australian National University (anu.edu.au)
  2. The University of New South Wales (unsw.edu.au)
  3. The University of Melbourne (unimelb.edu.au)
  4. The University of Sydney (sydney.edu.au)
  5. Monash University (monash.edu.au)
  6. The University of Western Australia (uwa.edu.au)
  7. The University of Queensland (uq.edu.au)
  8. The University of Adelaide (adelaide.edu.au)
  9. RMIT University (rmit.edu.au)
  10. Macquarie University (mq.edu.au)
  1. Lapangan Pekerjaan

Selain kuliah, di australia kamu juga dapat melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku. Banyak universitas Australia mempunyai berbagai narasumber untuk membantu mendapatkan pekerjaan sembari belajar. Seringkali informasi ini dapat diakses melalui suatu ‘Pusat hubungan karir’ yang ada di berbagai Universitas di Australia

  1. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di australia relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain seperti di amerika atau inggris. Bahkan kamu bisa kuliah tanpa mengeluarkan biaya apapun dengan mengikuti program beasiswa yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga tertentu seperti: Australia awards, International Postgraduate Research Scholarships (IPRS), Summer research scholarship, dan masih banyak lagi.

  1. Bahasa

Bahasa sehari-hari yang digunakan di Australia adalah bahasa inggris sehingga tidak terlalu sulit bagi pelajar yang berasal dari Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sana. Bahkan gosipnya karena banyaknya orang Indonesia yang kuliah  disana, mereka bisa menggunakan bahasa Indonesia disana (kalau ngobrolnya sama orang Indonesia juga sih) hehe :)

  1. Budaya

Populasi Australia 130 warga negara, sehingga menjadikan australia sebagai salah satu negara multikultural di dunia. Meskipun penduduk Australia gemar olahraga, mereka juga diam-diam “menjalin cinta” dengan kesenian. Mulai dari film, sastra dan musik sampai teater, tari dan seni visual. Berbagai kota di Australia semua memiliki citarasa budaya yang sehat. So, kamu juga bisa mempromosikan budaya negaramu disana.

  1. Lingkungan

Lingkungan belajar di Australia memiliki lingkungan yang aman, stabil, serta ideal untuk tempat tinggal dan belajar.  Selain itu  terdapat empat musim di australia yaitu Musim Panas : Desember s/d Februari.

Musim Gugur : Maret s/d Mei

Musim Dingin : Juni s/d Agustus

Musim Semi    : September s/d November

  1. Melaksanakan Ibadah Islam di Australia

Australia memiliki masyarakat Islam yang hidup subur, yang terdiri dari orang-orang yang berasal dari semua penjuru dunia. Menurut Sensus tahun 2006, ada lebih dari 340.000 Muslim di Australia, di antaranya hampir 130.000 lahir di Australia. Kebanyakan orang Muslim Australia berasal dari Indonesia, Lebanon, Turki, Afghanistan, Pakistan, Bangladesh dan Irak.Universitas-universitas di seluruh Australia berkomitmen untuk memastikan agar mahasiswa-mahasiswa yang beragama Islam, seperti juga mahasiswa-mahasiswa yang berlatar belakang agama dan budaya lain, bebas menjalankan agama mereka di kampus. Mahasiswa-mahasiswa Islam di sebagian besar universitas di Australia dapat mengakses ruang-ruang sembahyang, makanan halal dan ikut dalam kelompok pendukung mahasiswa.  So, kamu punya kebebasan 100% dalam beribadah di Australia dengan catatan tetap menghormati agama lain.

1

Masjid Gallipoli (terbesar di Australia)

Sumber : radioaustralia.net

}

About the author

Sri Wulandari